Tampaknya Microsoft benar-benar memiliki ketertarikan dengan Linux, dimana selama beberapa tahun ini raksasa software ini seperti memanjakan Linux. Pada tahun 2013 Microsoft meluncurkan Visual Studio 2013 dan pada tahun 2014 menumumkan open source untuk .Net. Namun berita besar tahun ini adalah, Microsoft telah bergabung dengan Linux Foundation sebagai anggota platinum.

microsoft-heart-linux

Microsoft telah menjadi kontributor besar untuk Linux selama beberapa tahun terakhir, terutama berfokus pada peningkatan dukungan untuk hypervisor perusahaan, Hyper-V. Jim Zemlin, Selaku direktur eksekutif Linux Foundation, mengatakan bahwa untuk menjadi anggota, “Microsoft mampu berkolaborasi lebih baik dengan komunitas open source untuk memberikan transformatif mobile dan pengalaman cloud untuk lebih banyak orang.”

Ya, sebelumnya Microsoft memang terkenal memiliki kerajaan tersendiri di industri software dengan menutup source code miliknya. Namun dengan proyek-proyek seperti Visual Studio Code dan .NET, itu mulai memenangkan hati dan pikiran pengguna open source.

Tampaknya perusahaan kali ini datang sebagai anggota open source yang cukup baik, dimana tidak hanya menerbitkan repositori source code yang  mendapat beberapa kali pembaruan dari cabang pengembangan internal, tapi mereka benar-benar melakukan pembangunan sistem untuk open source, menerima sumbangan dari pengguna, dan mencari konsensus pengguna ketika hendak menghadirkan fitur baru.

 

Sementara itu, perusahaan ini merilis edisi preview versi berikutnya dari SQL Server untuk Windows dan Linux untuk pertama kalinya. Dalam mengembangkan SQL Server untuk Linux, perusahaan mengatakan bahwa mereka telah berusaha untuk membuat kerja mesin database dan bertindak seperti aplikasi bawaan Linux.

Meski belum jelas untuk siapa SQL Server Linux ini dibuat, namun tentu ini lebih baik digunakan ketimbang menggunakan Oracle. SQL Server sendiri memiliki fitur yang kaya dan beragam, dan biasanya lebih harganya lebih murah ketimbang Oracle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here