Windows-10-Cloudberita

Kita sudah pernah membahas bahwa Cloud Computing, salah satunya Chrome OS di Chromebook milik Google merupakan teknologi masa depan. (Baca: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Melirik Chromebook di Tahun 2017!)

Panjang umur buat Microsoft. Baru saja kita membicarakannya, kabar terbaru menyatakan bahwa mereka bermaksud membuat tandingan untuk Chrome OS bernama Windows 10 Cloud. Kira-kira akan seperti apa ya?

Lebih Murah

Diungkapkan bahwa Windows 10 Cloud sebenarnya merupakan versi yang sama tetapi lebih sederhana dari Windows 10. Prinsipnya sama seperti Chrome OS, tidak mempunyai penyimpanan internal yang besar dan sistem operasi yang kompleks, semuanya berbasis penyimpanan Cloud dan aplikasi dari Store masing-masing.

logo onedrive

Itulah sebab mengapa Chromebook (dan calon PC dari Windows 10 Cloud nanti tentunya) bisa lebih murah dari notebook mainstream.

Tidak perlu ada Hard Disk bawaan dan cukup spesifikasi standar untuk menunjang akses data ke dalam Cloud. Seperti ChromeOS yang menggunakan Google Drive, sedangkan Windows 10 Cloud, tentunya akan terhubung dengan OneDrive.

Andalkan Office, Tapi Kalah Aplikasi

Windows 10 Cloud bisa disebut sebagai langkah agresif dari Microsoft. Tentu saja mereka tak mau tertinggal semakin jauh. Apalagi manuver Chrome OS yang belakangan sudah bisa menambahkan aplikasi Android di Chromebook memang cukup membahayakan. (Baca: Hore! Semua Chromebook Terbaru Bakal Mendukung Aplikasi Android)

Ini akan mempengaruhi beberapa orang mulai menggunakan Google Docs sebagai program Office utama. Sebab itulah dengan Windows 10 Cloud, maka setidaknya pengguna Ms Office masih bisa dipertahankan. Sudah banyak orang yang terbiasa dengan Ms Office dan tentu saja akan sangat senang bila bisa bekerja di Ms. Office 365 versi Cloud dengan perangkat yang lebih ringan dan cepat.

Sayangnya, aplikasi dalam Windows Store belum cukup beragam daripada Play Store. Inilah kelemahan utama dari Microsoft.

OneDrive

Segera Rilis!

Seperti dilansir WinPoin, Microsoft ternyata sudah membuat Windows 10 Cloud di laman percobaan OS. Bahkan sudah jelas tergambar ada tiga versi yang akan keluar, yaitu Windows 10 Cloud OEM (bundling dengan perangkat Windows), Windows 10 Cloud Retail (menarik, sebab Windows 10 asli bahkan menghentikan versi retail), dan Windows 10 CloudN (tanpa dilengkapi beberapa fitur multimedia seperti Windows Media Player, dsb).

Artinya, Windows 10 Cloud ini berarti bukanlah rumor semata, tetapi memang benar-benar akan segera diluncurkan. Laman TheVerge bahkan memprediksi bahwa paling cepat April, sedangkan paling lama akhir tahun, Windows 10 Cloud ini akan dirilis. Semoga saja ramalan mereka benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here