Kembali ke tahun 2009 dan 2010 lalu, banyak rumor yang mengatakan jika Microsoft tengah mengerjakan sebuah tablet folding baru yang disebut sebagai Courier. Namun akhirnya perangkat tersebut tidak terdengar kabarnya lagi hingga saat ini, bahkan hingga Apple menguasai pasar tablet dengan jajaran iPad miliknya.

Setelah beberapa tahun tak ada kabar, kini Microsoft dikabarkan tengah menggarap tablet baru yang mengusung konsep seperti tablet Courier. Tablet terbaru tersebut memiliki kode nama Andromeda dan akan menjadi tablet folding atau bisa ditekuk dan akan menjalankan Windows 10 dengan prosesor ARM.

Perangkat baru tersebut akan memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan telepon, namun tidak akan menjadi smartphone. Ketika perangkat tersebut dalam mode dilipat, perangkat tersebut dapat dimasukan ke dalam saku. Nilai jual utama dari perangkat ini terletak pada kemampuan input pen dan tinta. Misalnya, ada aplikasi notebook built-in yang dapat meniru tulisan di buku catatan nyata, dengan halaman virtual tersebar di perangkat tersebut.

Jika Anda berharap perangkat ini akan mengusung chipset terbaru dari Snapdragon, Microsoft tidak akan memposisikan perangkat ini sebagai pesaing perangkat Android atau iOS, namun akan menjadi perangkat dengan segmen pasar sendiri. Perangkat tersebut bisa disebut sebagai “jurnal digital”. Sebelumnya perusahaan pernah mengatakan jika mereka membuat produk mobile lagi, maka itu akan menajdi perangkat baru, dan bukan smartphone.

Kemungkinan Adromeda akan menjadi bagian dari perangkat Surface, seperti Surface Note atau Surface Jurnal. Jika itu benar-benar diluncurkan, kemungkinan partner hardware perusahaan akan meluncurkan perangkat yang serupa. Sayangnya untuk saat ini belum ada spesifikasi yang bocor untuk Andromeda. Jadi, untuk saat ini belum diketahui apakah Andromeda merupakan perangkat dengan satu layar lipat atau dua layar yang terpisah yang dihubungkan dengan engsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here