Microsoft telah secara resmi mengumumkan dua perusahaan India, Lava dan Karbonn, sebagai produsen smartphone Windows Phone. Menariknya, Microsoft ternyata membebaskan kedua perusahaan tersebut dari biaya lisensi untuk OS Windows Phone. Hal ini pun dilakukan oleh Microsoft agar Windows Phone mempunyai nilai lebih di segmen low end.

windows phone 8

Kabar mengenai penggratisan biaya lisensi tersebut diungkapkan oleh Times of India. Dengan kondisi seperti itu, maka tak heran kalau dua perusahaan yang termasuk dalam daftar produsen smartphone terbesar di India tersebut tertarik untuk meluncurkan perangkat Windows Phone. Saat ini, kedua perusahaan itu memang cukup sering meluncurkan smartphone berbasis Android.

Sebuah sumber dari pihak perusahaan pun mengamini kebenaran rumor ini. “Untuk rencana hadset Windows Phone, kami tidak membayar biaya lisensi kepada Microsoft,” ujar salah seorang pejabat eksekutif di salah satu perusahaan India tersebut. Dia pun melihat bahwa langkah pembebasan biaya lisensi tersebut adalah untuk menarik minat para produsen smartphone low end.

Langkah pembebasan biaya lisensi seperti ini bukanlah yang pertama dilakukan oleh Microsoft. Sebelumnya, mereka juga memberlakukan kebijakan serupa dengan Nokia.

via Times of India