Jika telah Apple mempunyai Siri, dan Google pun telah mengembangkan aplikasi pintar serupa Google Now, maka Microsoft pun tak mau ketinggalan. Sebuah kabar terbaru yang berkembang mengungkapkan bahwa Microsoft pun bakal mempunyai aplikasi serupa. Microsoft dikabarkan memakai nama Cortana untuk aplikasi voice assistant di platform Windows tersebut.

Nama Cortana bukanlah nama yang asing bagi Microsoft. Nama Cortana tersebut adalah salah satu karakter AI dalam game Halo yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan kemampuan AI-nya tersebut, Cortana dalam game Halo ini pun memiliki kemampuan untuk belajar hal baru dan beradaptasi.

Pada bulan Juli kemarin, Microsoft pernah mengungkapkan kepada publik aplikasi Siri ataupun Google Now yang digunakan Apple serta Google tidak membuat mereka tertarik. Mereka menginginkan hal yang lebih revolusioner dan menganggap kedua aplikasi tersebut tidak masuk dalam kriteria revolusioner.

Melihat lebih ke belakang, aplikasi ini juga sempat terlihat muncul dalam bocoran build OS Windows Phone pada bulan Juni kemarin. Saat itu, sempat terlihat adanya sebuah aplikasi bernama zCortana pada smartphone Lumia tersebut. Keberadaan huruf z pada nama aplikasi tersebut pun mengindikasikan bahwa Cortana masih dalam tahap tes.

via ZDnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here