xboxones

Hari ini Microsoft resmi membuka jalan untuk para developer game solo dan indie untuk ikut menjadi developer Xbox. Dengan Xbox Live Creators Program, kini developer game untuk Xbox tidak perlu lagi meminta perizinan yang ribet kepada Microsoft.

Sampai hari ini, Xbox Live Creator Program berstatus sebagai program preview untuk perusahaan game rintisan yang ingin mengikuti program Xbox indie game. Sedangkan untuk developer yang telah mapan, bisa mendaftarkan diri Microsoft’s ID@Xbox untuk fitur marketing dan aksesoris game yang lebih lengkap.

Xbox-live-creator-membuat-game-xbox

Permainan yang dibuat harus berekstensi Universal Windows App, sehingga dapat berjalan pada perangkat Windows 10, tidak hanya untuk Xbox One. Setelah itu, kita bisa memasarkan game secara mandiri, tidak perlu lagi ada persetujuan konsep. Mirip seperti Play Store untuk Android!

Tetapi, Microsoft berhak menghapus game yang dipublish mandiri dari toko jika memiliki “konten berbahaya atau tidak pantas”.

Sayangnya program ini tidak gratis. Ada biaya awal sekitar $ 20 sampai $ 100, tergantung developer tersebut. Seperti dalam tabel di atas, bila kita membayar yang paling murah, mungkin game kita tidak bisa mengaktifkan mode online multiplayer dan peringkat pemain yang online. Bahkan fitur chat antar pemain dan hadiah!

Waduh, game-nya jadi kurang seru dong ya?

xbox-one-s-leak

Tetapi tentu saja karena ini program baru dari Microsoft, banyak kemungkinan fitur-fitur tersebut masih bisa didapatkan di masa depan. Sebab ini memang strategi Microsoft untuk meramaikan kembali pasar Xbox dan game-game Windows.

Apa ini dibuat untuk mengalihkan developer untuk terus membuat game di Android? Mungkin, tetapi kepopuleran program ini jelas masih jauh, sebab Android sangatlah bebas dan mematok biaya yang hampir gratis untuk setiap developer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here