Keberadaan emulator sangat membantu bagi mereka yang ingin memainkan game NES atau Game Boy, namun tidak memiliki konsol yang terbilang sudah sulit dicari atau bahkan sudah tidak tersedia lagi. Emulator memang dapat membuat seseorang bernostalgia dengan game jadul, meskipun ada beberapa yang beranggapan bahwa emulator juga pada dasarnya merupakan alat untuk pembajakan.

NesBox

Sayangnya untuk para gamers yang masih menikmati emulasi mereka, tampaknya Anda tidak akan lagi dapat men-download aplikasi ini dari Windows Store. Hal ini karena Microsoft telah memperbarui kebijakan di mana emulator tidak hanya dilarang, tetapi aplikas emulator yang saat ini ada di Windows Store juga dihapus.

Menurut kebijakan Microsoft yang baru-baru ini diubah, itu berbunyi, “Aplikasi yang meniru sistem permainan tidak diperbolehkan pada setiap device family.” Tentu kebijakan baru tersebut mempengaruhi keberadaan emulator di Windows Store, sehingga tidak bisa diunduh lagi.

Namun karena sistem operasi seperti Windows memungkinkan pengguna untuk men-download software dari sumber lain, ini berarti bahwa gamer hanya perlu untuk menemukan sumber baru untuk mendapatkan emulator dan game yang mereka sukai, dimana hal tersebut memang tidak sulit untuk dilakukan.

Mungkin tindakan ini tampak mengejutkan bahwa Microsoft pernah memperbolehkan emulator game pada Windows Store, namun Google tidak membatasi emulator di toko aplikasi Android. Dengan hal ini, Microsoft meninggalkan Google Play Store sebagai satu-satunya toko aplikasi mobile yang masih mendukung aplikasi emulator game, karena Apple juga melarang jenis aplikasi emulator di toko aplikasi App Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here