(Kredit: Microsoft Research)

Sementara saat ini teleportasi masih menjadi suatu hal dalam ranah fiksi ilmiah, Microsoft telah memperkenalkan “holoportation”. Ini merupakan 3D real-time hologram dari seseorang yang berada di dunia yang jauh, tapi masih berinteraksi dengan Anda seperti berada di depan Anda.

(Kredit: Microsoft Research)
(Kredit: Microsoft Research)

Ini adalah proyek baru yang baru-baru ini diungkapkan oleh tim Microsoft Research’s Interactive 3D Technologies, dan menggunakan HoloLens, sebuah headset augmented reality milik perusahaan. Ini juga memiliki pengaturan spesial kamera rig untuk memungkinkan Anda melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan hologram secara real-time dari “partisipan” di dunia 3D. Dengan teknologi ini, seolah-olah mereka benar-benar di ruangan yang sama dengan Anda.

Jika dilihat, teknologi ini mirip seperti teknologi yang ada di film laga Star Wars, dimana orang-orang saling berinteraksi menggunakan hologram 3D seolah-olah lawan bicara berada di depan kita secara real-time, meski berjarak antar planet sekalipun.

(Kredit: Microsoft Research)
(Kredit: Microsoft Research)

Microsoft belum mengungkapkan secara rinci apa yang diperlukan untuk rig kamera, namun sudah mampu menangkap bagaimana seseorang bergerak di dalam lingkungan mereka. Hal ini memungkinkan pengguna HoloLens melihat augmented real-time yang menangkap diri mereka di lingkungan mereka sendiri.

Tentu saja, teknologi itu tidak akan memberikan rasa tentang aroma atau sentuhan fisik lawan bicara, dan karena itu menggunakan teknologi HoloLens saat ini, hologram dari orang lain akan muncul di tengah pandangan Anda. Itu berarti mungkin terlihat seperti mereka mengambang atau berdiri di dalam sofa atau di atas meja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here