Nokia-Asha-230
Nokia-Asha-230

Sebuah langkah pemurnian nampaknya tengah dilakukan oleh Microsoft. Setelah mengumumkan pemecatan total 18 ribu karyawan (12.500 di antaranya adalah mantan pegawai Nokia), kini mereka memutuskan untuk tak lagi meneruskan pengembangan beberapa produk handphone Nokia. Produk-produk yang dimaksud tersebut adalah Nokia X, Nokia Asha serta featurephone Nokia S40 series.

Dalam jangka 18 bulan ke depan, tiga handphone tersebut nampaknya bakal benar-benar ditutup oleh Microsoft. Hal ini dilakukan oleh perusahaan asal Amerika itu sebagai langkah untuk bisa lebih memfokuskan diri dalam pengembangan smartphone Windows Phone dan perangkat Lumia. CEO Satya Nadella mengatakan kalau smartphone Android Nokia X nantinya akan bertransformasi menjadi handphone Lumia yang memakai Windows Phone.

Nokia-Asha-230
Nokia-Asha-230

Lebih lanjut, mantan CEO Nokia Stephen Elop yang kini menjadi pejabat eksekutif Microsoft mengatakan kalau penjualan smartphone Nokia X masih akan dilanjutkan. Dan meski akan dihentikan, Microsoft masih akan menyediakan support untuk para pengguna smartphone Android Nokia X. Tentunya hal ini dilakukan Microsoft untuk menghabiskan stok handphone yang ada.

Sementara itu Jo Harlow yang bertanggung jawab untuk memimpin divisi bisnis handphone Microsoft dalam memo internalnya mengatakan kalau Asha, Series 40 dan Nokia X akan masuk dalam ‘maintenance mode’ di waktu dekat. Maksud dari maintenance mode adalah handphone-handphone itu tidak akan memperoleh update berupa fitur baru. Namun dukungan akan diberikan dalam jangka 18 bulan mendatang. Selebihnya, handphone-handphone itu akan secara resmi dihapus dari Microsoft.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here