Microsoft Restui Downgrade Windows 10 Pro ke Windows 10 S

Microsoft Restui Downgrade Windows 10 Pro ke Windows 10 S

BeritaTeknologi.com

Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran sistem operasi barunya yang bernama Windows 10 S beberapa bulan yang lalu. Itu adalah iterasi baru dari OS desktop yang tujuan utamanya agar dapat bersaing dengan Chrome OS milik Google sebagai OS yang lebih ringan.

Microsoft Surface Laptop

Jika Anda belum mengetahui perbedaan antara OS tersebut dengan Windows 10 Pro, pada OS Windows 10 S pengguna hanya bisa menginstal aplikasi dan game yang tersedia di Windows Store, dengan kata lain jika Anda memiliki aplikasi dengan ekstensi .exe tidak akan bisa menginstalnya di Windows 10 S. Jika sebelumnya Microsoft tidak menginzinkan pengguna Windows 10 S untuk downgrade ke Windows 10 Pro, maka kini hal tersebut telah bisa dilakukan.

Microsoft baru saja merilis Surface Laptop, yakni notebook pertamanya yang hadir dengan OS Windows 10 S langsung dari kotak. Perusahaan ini mengizinkan semua pemilik Surface Laptop untuk meng-upgrade dari Windows 10 S ke Windows 10 Pro secara gratis sampai akhir tahun ini. Setelah tenggat waktu ini berlalu, pemilik Surface Laptop masih dapat melakukan upgrade, namun kemudian harus membayar biaya sebesar $49 atau setara dengan Rp650 ribu untuk upgrade.

Microsoft juga mengatakan pada awalnya bahwa setelah pengguna Windows 10 S upgrade ke Windows 10 Pro, mereka tidak akan dapat menurunkan versi Windows ke OS yang lebih ringan. Namun perusahaan telah mengubah posisinya saat ini dan membiarkan pengguna untuk dapat melakukan downgrade.

Microsoft telah merilis sebuah recovery image resmi Windows 10 S yang kini telah tersedia dari halaman dukungan Microsoft. Pengguna bisa mendownloadnya dari sana dengan memasukkan nomor seri perangkat mereka. Untuk ukurannya sendiri, recovery image tersebut berukuran 9GB.

Pengguna kemudian dapat menggunakan image ini untuk melakukan downgrade dari Windows 10 Pro ke Windows 10 S. Namun, mereka harus tetap mengingat bahwa hal itu akan menghapus semua data yang ada pada Surface Laptop mereka.

NO COMMENTS

Leave a Reply