Proyek HoloLens milik Microsoft merupakan campuran teknologi headset virtual reality dan augmented reality yang sudah tersedia seharga US$3000 atau setara dengan Rp40 juta. Perangkat Windows 10 memiliki Developer Edition dan Commercial Suite, dan saat ini terdaftar di online Store perusahaan. Microsoft mengatakan jika penjualan tersebut sudah mencapai angka ribuan dan mereka sangat senang dengan pencapaian itu.

HoloLens

HoloLens sendiri memiliki bentuk seperti kacamata pintar dan memiliki kemampuan mixed reality yang memungkinkan perangkat membawa tampilan grafis dalam dunia virtual ke dalam dunia nyata. Degan begitu, pengguna HoloLens bisa berinteraksi dengan benda-benda virtual yang divisualisasikan oleh Microsoft HoloLens.

Menurut laporan terbaru, Microsoft akan melompati satu generasi, yakni dari HoloLens versi 1 langsung melompat ke versi 3 pada tahun 2019 nanti. Tidak merilis versi 2 pada tahun ini dan tahun depan akan memungkinkan perusahaan dapat lebih optimal memberikan upgrade yang besar pada versi 3, bukan hanya memberikan sedikit polesan dari versi yang sudah ada.

Produksi massal untuk perangkat tersebut diperkirakan bakal dimulai pada semester kedua tahun 2019. Microsoft sendiri memasang target penjualan perangkat tersebut sebanyak 80 juta unit pada tahun 2020. Tentu itu merupakan target yang sangat ambisius dan Microsoft membutuhkan nilai jual yang sangat istimewa agar dapat mencapai target tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here