Sebuah langkah yang menarik diumumkan oleh Microsoft pada ajang Worldwide Partner Conference. Perusahaan yang berbasis di Redmond itu mengungkapkan kalau mereka akan secara langsung terjun ke pasar perangkat low end. Termasuk adalah notebook Windows. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing dengan Chromebook yang mempunyai popularitas cukup tinggi di segmen ini.

COO Microsoft, Kevin Turner mengatakan bahwa parnter mereka, yakni Hewlett-Packard (HP) siap meluncurkan notebook HP Stream yang dibanderol dengan harga murah yakni sekitar 199 USD atau setara 2,3 juta rupiah. Di kisaran harga yang lebih tinggi, mereka juga menyebutkan kalau Toshiba dan Acer turut merilis notebook Windows berbanderol murah.

notebook windows murah

Notebook Acer tersebut akan bernama Aspire ES1 dan hadir menggunakan layar berukuran 15,6 inci plus prosesor Intel Celeron 2,16GHz. Sementara itu notebook Toshiba mempunyai layar lebih mungil, 11,6 inci dan diklaim memiliki bobot ringan 1,08 kilogram. Kedua notebook ini akan sama-sama dipatok dengan banderol 249 USD atau setara 2,9 juta rupiah.

Peluncuran notebook-notebook Windows ini diharapkan Microsoft bisa mengurangi laju popularitas Chromebook di pasaran. Terlebih notebook Windows memberikan kebebasan baik digunakan pada saat offline ataupun online. Jumlah aplikasi yang dimiliki oleh Windows pun lebih banyak. Oleh karena itu Microsoft tidak ingin secara cuma-cuma menyerahkan pasar notebook murah kepada Google.

via GSM Arena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here