Microsoft pada beberapa waktu lalu sempat dirumorkan sedang mempersiapkan perangkat jajaran Surface mereka. Spekulasi yang beredar pun banyak, mulai dari Surface Phone, tablet Surface Pro, serta perangkat komputer all-in-one. Namun dengan acara yang digelar oleh Microsoft belum lama ini, akhirnya terjawab sudah.

surface-studio-1

Seperti yang dilansir dari The Verge, Kamis (27/10/2016), secara resmi akhirnya Microsoft mengumumkan perangkat Surface terbaru mereka dengan nama Studio. Bukan tablet bukan smartphone, melainkan adalah sebuah perangkat komputer all-in-one (AIO), yang mana dikabarkan bakal menjadi pesaing berat iMac.

Panos Panay selaku Corporate VP of Devices Microsoft menyebutkan bahwa terdapat celah untuk menyaingi perangkat Apple iMac. Dengan diluncurkannya Surface Studio ini, bakal menjadi iMac “Killer” karena secara desain bentuk keduanya tidak jauh berbeda.

surface-studio-2

Manyandang predikat komputer all-in-one (AIO), membuat seluruh komponen yang ada (prosesor, RAM, pengolah grafis dan hard disk) menjadi satu pada bagian layarnya. Pihak Microsoft pun mengatakan bahwa layar yang digunakan pada Surface Studio ini adalah tertipis di dunia untuk sebuah komputer all-in-one, yakn 12,5mm saja. Surface Studio ini sangat cocok digunakan oleh para desainer dalam membuat sebuah karya

surface-studio-0

Layar yang digunakan adalah seluas 28 inci dengan rasio 3:2 yang memiliki resolusi 4.500 x 3.000 piksel. Layar ini juga dapat menghasilkan warna hingga 13,5 juta piksel, yang mana diklaim 63% lebih banyak dari televisi dengan resolusi 4K. Kerapatan yang dihasilkan adalah 192 ppi dengan dukungan penggunaan hingga 10 jari. Teknologi yang disematkan pada layar ini adalah anti-palm atau anti telapak tangan, jadi menghindari salah sentuh di titik tertentu.

surface-studio-7

Tidak hanya itu saja yang menarik dari komputer all-in-one ini, terdapat sebuah penyangga berbahan krom yang ada di belakang layar. Layar ini pun dapat kita atur sudutnya, sesuai kenyamanan penggunanya hingga 20 derajat, bahkan dapat digunakan layaknya sebuah tablet.

surface-studio-3

Microsoft sendiri menyediakan beberapa varian pada Surface Studio, yang mana telah dibekali prosesor dari Intel Core i5 dan Core i7 generasi keenam, Skylake. Untuk RAM juga ada tiga ukuan berbeda, yakni mulai dari 8GB, 16GB dan 32GB. Sedangkan untuk penyimpanan menggunakan hybrid drive berukuran 1TB atau 2TB..

surface-studio-6

Dirancang khusus desainer dan desain grafis, pengolah grafis yang menyokong Surface Studio ada dua jenis. Yang pertama ada Nvidia GeForce GTX 965M untuk varian dengan prosesor Intel Core i5. Sedangkan yang kedua ada pengolah grafis dari Nvidia GeForce GTX 980M untuk yang menggunakan prosesor Intel Core i7.

Soal konektivitas pun lengkap, ada WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0. Serta tidak ketinggalan ada juga empat port USB 3.0, 3.5mm headphone jack, slot kartu SD, sebuah port Ethernet, dan sebuah Mini DisplayPort.

surface-studio-8

Bicara soal harga, Microsoft Surface Studio ini dipatok tidak murah. Harga yang ditawarkan berbeda tergantung dari spesifikasi yang diusung, mulai dari harga 2.999 USD atau berkisar 39 juta Rupiah, 3.499 USD atau sekitar 45 juta Rupiah, hingga yang termahal adalah 4.199 USD yang setara dengan 54 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here