(Kredit: Windows Central)

Microsoft telah mengumumkan bahwa perusahaan akan melakukan penarikan sukarela di seluruh dunia untuk menarik kabel charger yang dikirim bersama tablet Surface Pro, Surface Pro 2, dan Surface Pro 3. Penarikan ini karena kabel charger perangkat tersebut diduga memiliki rentan bahaya kebakaran.

(Kredit: Windows Central)
(Kredit: Windows Central)

Seperti yang dilaporkan GSM Arena, Rabu (20/1/2016), hal ini terjadi pada tablet Windows 10 yang dijual di Amerika Serikat sebelum Maret 2015, dan di Eropa sebelum 15 Juli tahun lalu. Menangani masalah tersebut, salah satu juru bicara Microsoft berbicara kepada publik tentang bahaya dan penyebab masalah ini.

Menurut pernyataan Microsoft, jika kabel listrik tertekuk secara tajam dan berulang kali, atau dibungkus dengan erat, maka kabel akan mudah sekali panas. Jika kabel mengalami panas berlebih maka akhirnya dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Masalah ini bermula dari kerusakan yang disebabkan oleh kabel listrik AC yang terjepit terlalu ketat selama waktu yang cukup lama dan berulang.

Sejumlah pelanggan yang mengalami masalah ini pada perangkat Surface Pro telah melaporkan masalah dengan kabel listrik AC mereka.

“Kami akan merilis rincian tentang bagaimana pelanggan dapat memproleh kabel penggantinya secara gratis” ungkap salah satu juru bicara Microsoft.

Pada hari Jumat mendatang, perusahaan akan membuat sebuah situs website khusus untuk menampung proses penarikan. Pemilik yang terkena dampak dari masalah ini, dapat mengklaim untuk penggantian kabel dan charger yang baru secara gratis.

Pengguna disarankan untuk membuang atau mendaur ulang kabel lama dari perangkat tersebut. Penarikan kembali ini tidak akan ditujukan untuk Surface Pro 4 atau tablet lainnya yang bukan Surface Pro, karena masalah ini terjadi pada produk sebelum Surface Pro 4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here