Akhir-akhir ini kabar mengenai tuntutan adanya penggratisan biaya lisensi disuarakan oleh para produsen elektronik dunia. Menariknya, Microsoft kemungkinan akan merestui permintaan tersebut. Menurut sebuah bocoran terbaru dari ZDnet, Microsoft menyiapkan OS baru yang disebutnya sebagai Windows 8.1 with Bing.

windows 8.1 with bing

Namun jangan mengharapkan kalau Windows versi gratis tersebut bakal hadir dengan tampilan dan fitur yang sama dengan Windows biasa. Sebagai gantinya, Windows 8.1 with Bing tersebut bakal hadir dengan berbagai iklan dan promosi. Namun dengan banyaknya tampilan iklan, sistem operasi tersebut pun bakal cukup menganggu.

Di sisi lain, dengan melakukan kebijakan tersebut, Microsoft pun bisa menyediakan freeware bagi para konsumennya. Namun hal ini juga bisa menjadi kebijakan yang kurang populer. Terlebih kemunculan iklan akan mengurangi produktivitas pengguna komputer.

Pihak Microsoft sendiri belum memberikan pernyataan resminya terkait keberadaan Windows gratisan tersebut. Namun menurut kabar yang beredar, isu mengenai Windows gratis ini sebenarnya sudah cukup lama. Bahkan Microsoft pernah berniat untuk meluncurkannya sebelum Windows 8.

via Softpedia