Seperti yang diharapkan, akhirnya Microsoft meluncurkan produk baru yang bernama Surface Laptop. Ya, sebelumnya bocoran mengenai perangkat ini telah muncul kemarin dan kini perusahaan telah memperkenalkannya di panggung sebuah acara yang berlangsung di New York City. Produk tersebut merupakan laptop 13,5 inci yang dirancang perusahaan dengan sistem operasi terbaru mereka yang bernama Windows 10 S.

Microsoft Surface Laptop-1

Panos Panay selaku devices chief di Microsoft mengatakan jika perusahaan telah memfokuskan hardware ini pada siswa yang hendak meninggalkan SMA. Menurutnya, permintaan laptop untuk segmen ini begitu tinggi, sehingga perusahaan membuat laptop dengan desain yang indah untuk menyasar segmen ini.

Surface Laptop menggunakan keyboard dari kain Alcantara seperti keyboard yang dimiliki Surface Pro 4. Perangkat ini merupakan produk high-end yang tujuan utamanya untuk memperkenalkan sistem operasi terbaru milik Microsoft, yakni Windows 10 S. Perangkat yang menjalankan OS ini hanya dapat menginstal aplikasi dari Windows Store.

Microsoft Surface Laptop

Perangkat ini memiliki desain clamshell sama seperti kebanyakan laptop pada umumnya, bukan seperti Surface Book yang memiliki desain 2-in-1. Laptop ini akan tersedia dalam pilihan warna platinum, burgundy, cobalt blue, dan graphite gold. Sedangkan untuk bobotnya sekitar 1 kg.

Microsoft menggunakan layar PixelSense seluas 13,5 inci dengan aspek rasio 3:2. Panay mengklaim jika ini merupakan laptop tertipis yang mengusung LCD sentuh. Layar laptop ini juga telah dibekali dengan 3,4 juta piksel, serta mendukung Microsoft Surface Pen.

Sementara untuk performa, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 dan i7 terbaru, serta mengklaim jika baterai mampu bertahan hingga 14,5 jam. Microsoft telah mengklaim jika laptop ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Apple MacBook Pro yang menggunakan prosesor Intel Core i7. Selain itu, ketahanan baterai juga diklaim lebih awet dibandingkan MacBook Air yang ada di pasaran saat ini.

Microsoft Surface Laptop-2

Untuk sistem pendingin, Microsoft telah mengintegrasikan vapor chambers dengan bagian belakang perangkat, sehingga suhu perangkat tetap dingin. Selain itu tidak ada lubang speaker yang terlihat di bodi laptop ini karena Microsoft telah mengintegrasikan speaker dengan keyboard, sehingga suara berasal dari bawah jari-jari Anda saat mengetik.

Microsoft telah membuka pre-order untuk beberapa wilayah mulai hari ini dengan harga termurah US$ 999 (Rp13 jutaan) dengan Intel Core i5, RAM 4GB, dan SSD 128GB. Sementara untuk pengiriman akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here