Saat ini banyak orang memiliki tingkat aktivitas mobile yang sangat tinggi, sehingga mereka memerlukan perangkat yang ringkas, namun bertenaga untuk memenuhi semua kebutuhannya. Bicara soal perangkat desktop, saat ini unit desktop bisa disulap menjadi perangkat yang kecil dan itu dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Next Unit of Computing (NUC) menjadi perangkat desktop mini yang banyak digemari saat ini.

intel-skull-canyon-1

Tentu kemampuan utama NUC adalah performa yang disuguhkan sangat powerfull meski memiliki bodi yang terbilang kecil. Salah satu yang rajin menggarap desktop mini adalah Intel, dengan produk yang memiliki nama resmi NUC NUC6i7KYK. Ya, Intel memang buruk dalam memberi nama yang mudah diingat, sehingga komputer portable ini disebut Intel Skull Canyon.

Perangkat yang sudah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu ini bukanlah satu set komputer yang lengkap. Sebaliknya, seperti semua desktop kecil Intel sebelumnya, itu adalah kit yang memerlukan beberapa tambahan lain. Perangkat ini dibekali dengan jeroan powerfull seperti prosesor Intel Core i7-6770HQ quad-core 2.6GHz dengan integrasi WiFi, Ethernet, Intel HD Audio dan tak ketinggalan grafis Iris Pro 580.

intel-skull-canyon-2

Tapi Anda harus membukanya dan menambahkan SSD milik Anda sendiri di salah satu dari dua slot M.2, bersama dengan RAM milik Anda sendiri (mendukung hingga 32GB DDR4). Dan tentu saja, Anda harus menyediakan OS juga karena perangkat ini tidak datang dengan OS bawaan.

Satu hal yang menjadikan NUC ini keren adalah tampilannya yang tidak membosankan karena memiliki bodi berwarna hitam dan memiliki pola anyaman reflektif serta tengkorak besar yang tercetak di atas. Sementara untuk dimensinya, perangkat ini hanya memiliki ketebalan 1,1 inci, panjang 8,3 inci, dan lebar 4,75 inci. Tentu dengan dimensi yang ringkas ini serasa membawa buku hardcover kecil, dan ini hanya seberat 680 gram.

Selain tombol power yang berada di depan, ada juga sebuah slot SD card, headphone jack dan dua soket USB 3.0, dimana salah satunya berwarna kuning, karena digunakan untuk port pengisian ke perangkat mobile untuk memberikan daya yang lebih besar. Sementara di bagian belakang terdapat port power, HDMI, Thunderbolt 3 / USB C, port Mini Display dan gigabit Ethernet, bersama dengan 3 USB 3.0. Selain itu, ada lagi jack 3.5mm untuk audio output, yang juga mendukung minijack untuk kabel optik (berguna untuk menghubungkan NUC ke A/V receiver).

intel-skull-canyon-3

Untuk mulai menggunakan perangkat ini, Anda harus melepaskan empat sekrup yang ada, kemudian pasangkan SSD slot M.2 pada salah satu dari dua slot SSD serta RAM. Sedangkan untuk menginstal sistem operasi, Anda dapat menggunakan USB stick untuk menginstal OS yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Nantinya Anda juga harus mengunduh driver yang relevan karena perangkat tidak datang dengan driver.

Ada dua varian yang ditawarkan Intel Skull Canyon, yakni varian tanpa RAM, SSD, dan OS dibanderol sekitar Rp8,5 jutaan. Sedangkan untuk varian yang dilengkapi dengan RAM 16GB, ROM 256GB, dan OS Windows 10 dibanderol Rp13 jutaan. Di Indonesia sendiri mini PC ini bisa didapatkan di beberapa e-commerce, namun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here