You are currently viewing Mobil Listrik pun Bakal Dilengkapi dengan Teknologi Wireless Charging
kredit: Google

Mobil Listrik pun Bakal Dilengkapi dengan Teknologi Wireless Charging

Teknologi pengisian baterai secara wireless atau wireless charging saat ini memang cukup banyak hadir pada berbagai produk ponsel. Namun tak menutup kemungkinan kalau teknologi ini pun bakal juga bisa dijumpai pada produk lain. Termasuk bahkan pada sebuah mobil listrik. Ide seperti ini pun tengah dipikirkan oleh Google yang saat ini memang gencar dalam mengembangkan mobil self driving.

kredit: Google
kredit: Google

Dalam dokumen yang telah didaftarkan Google kepada Federal Communications Comission (FCC) Amerika Serikat, mereka pun sudah mempersiapkan desain dari teknologi ini. Dalam pengerjaannya, seperti dilansir dari Ubergizmo, pihak Google aakn bekerja sama dengan dua perusahaan lain yakni Hevo Power dan Momentum Dynamics. Kedua perusahaan itupun bakal membangun charger prototype di kantor pusat Google di Mountain View, California.

Untuk bisa melakukan pengisian baterai secara wireless, Google bakal menggunakan transmitter yang akan dipasang pada paving lokasi pengisian baterai mobil listrik. Dan selanjutnya, mobil yang memang didesain kompatibel dengan transmitter tersebut pun bakal bisa secara langsung melakukan pengisian baterai tanpa harus menggunakan kabel.

Namun untuk penerapan teknologi wireless charging di masyarakat umum pada sebuah mobil listrik ini nampaknya bakal masih sangat lama. Terlebih lagi saat ini pun jumlah tempat pengisian baterai kendaraan listrik pun masih sangat terbatas. Hanya ada di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Namun keberadaan teknologi ini bakal cukup membantu para pemilik mobil listrik. Tak lain karena memberikan cara yang praktis pada saat mengisi baterai.

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply