Melalui update beta terbaru untuk Android O – Developer Preview 3 (DP3), yang dirilis minggu lalu, Google kabarnya telah memperluas mode penyamaran (Incognito Mode) Chrome ke Gboard. Saat menjelajah web dalam mode penyamaran di Chrome, pengguna yang menjalankan Android 8.0 dan browser versi terbaru kini dapat menikmati privasi lebih banyak dengan membiarkan keyboard tidak mengingat atau menyamarkan apapun yang diketik penggunanya.

gboard-incognito
Ditandai dengan tampilan grafik fedora plus kacamata yang familiar dengan latar belakang gelap, mode penyamaran di Gboard persis seperti yang diharapkan yaitu untuk mencegah keyboard Google belajar dari masukan yang Anda ketikan, dan juga menawarkan saran dari database kata akumulasi yang ada.

Selama ini penggunaan mode penyamaran (incognito mode) di Gboard tidak dapat diaktifkan atau dinonaktifkan pada setelan seperti sebelumnya, dan hanya dapat diaktifkan bila menggunakan versi stabil terbaru (versi 59) atau versi Dev Google Chrome dalam mode penyamaran. Fiturnya sendiri saat ini hanya tersedia di Android O DP3, jadi jika Anda bukan penggemar yang antusias mengikuti program Google Android Beta, Anda harus menunggu sampai versi final dirilis meskipun tak tertutup kemungkinan kalau fitur tersebut bisa saja suatu saat kelak kembali dipasangkan ke versi Android yang lebih lawas.

Hal ini tentunya akan menjadi rapi jika mode penyamaran dapat diaktifkan di manapun dan di mana saja di Gboard, namun begitu Anda tampaknya harus lebih bersabar menunggu sejenak dan melihat apa yang Google bisa lakukan pada versi final Android 8.0 yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here