Selagi Intel tengah sibuk mempersiapkan rilis resmi dari chipset X79 yang diperuntukkan bagi processor Sandy Bridge-E, Gigabyte dikabarkan baru saja memperkenalkan GA-X79A-UD3 sebagai produk motherboard terbaru pertamanya yang menggunakan PCH ditengah keikutsertaannya dalam sebuah ajang pameran Computex 2011. Meskipun bukan motherboard Gigabyte tercanggih yang didasarkan pada chipset X79, tapi kemunculannya ini tentunya memberikan gagasan solusi yang bagus untuk saat ini.

Berdasarkan tampilan motherboard GA-X79A-UD3 terbaru ini, ada penempatan yang tidak biasa dari keempat memori slot DIMM yang disediakan. Karena processor Sandy Bridge-E hadir denganĀ  quad-channel memory controller yang terintegrasi, posisinya sendiri kini ditempatkan pada bagian kiri dan bagian kanan soket CPU.

Selain itu, Gigabyte juga telah menempatkan perluasan slot pada board yang mencakup lima PCI Express x16 Gen 3 slot serta legacy PCI 32-bit slot. Hanya dua dari slot PCI Express yang tersedia dan dapat bekerja dalam mode x16. Yang ketiga hanya 8 jalur PCI-E diarahkan ke sana, sedangkan dua sisanya terbatas pada kecepatan x4. Motherboard terbaru besutan Gigabyte ini kabarnya kompatibel dengan setup kartu grafis 3-way Nvidia SLI dan AMD CrossFireX.

Penyimpanan yang tersedia diberikan tidak kurang dari 12 port SATA yaitu delapan dikendalikan oleh X79 PCH dan empat lainnya oleh pengontrol pihak ketiga. GA-X79A-UD3 ini juga memiliki dua port SAS 6Gbps yang ditempatkan tepat di dekat margin kiri pada board yang ada.

Fitur lain termasuk Dolby Home Theater audio, konektivitas USB 3.0, dukungan untuk versi enterprise dari Intel Rapid Storage Technology (IRST), dan CPU enam fase PWM dengan transistor DrMOS MOSFET.

Ketersediaan processor Intel Sandy Bridge-E tersebut diharapkan akan dirilis untuk pertama kalinya pada triwulan IV tahun 2011 yang akan datang dan batch CPU awal akan mencakup tiga chip. Dan dua diantaranya kabarnya akan menampilkan desain six core dan model quad-core. Menurut publikasi yang disampaikan oleh ComputerBase, untuk ketersediaan motherboard GA-X79A-UD3 ini kabarnya baru akan dirilis untuk pertama kalinya bertepatan pada kuartal keempat (Q4) tahun 2011 ini juga. Ya, Kita tunggu saja nanti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here