Motherboard M-ATX Ryzen Threadripper ASRock X399M Taichi Terbaru Bakal Unjuk Gigi Di...

Motherboard M-ATX Ryzen Threadripper ASRock X399M Taichi Terbaru Bakal Unjuk Gigi Di CES 2018

Berbeda dengan apa yang dibayangkan banyak orang terkait keberadaan motherboard Ryzen Threadripper yang biasa memiliki ukuran besar dan kekar dengan usungan perangkat keras berkinerja tinggi di dalamnya, ASRock tampaknya memiliki sesuatu yang berbeda, setidaknya dalam hal ukuran. Sejauh yang diketahui, baru-baru ini ASRock dikabarkan tengah mempersiapkan kembali perilisan salah satu model motherboard andalan terbaru yang diklaimnya sebagai model micro ATX (M-ATX atau mATX) pertama di dunia untuk Ryzen Threadripper.

Motherboard tersebut tidak lain adalah X399M Taichi, yang pada dasarnya merupakan versi yang lebih kecil dari model X399 Taichi berukuran ATX regular sebelumnya. Seperti saudaranya yang lebih besar, X399M Taichi dilengkapi dengan soket TR4 untuk mengakomodasi tumpukan desktop high-end (HEDT) AMD terbaru, hingga pada dukungan Ryzen Threadripper 1950X 16-core/32-thread. Model motherboard imut terbaru ini memang ditujukan bagi seri prosesor berkinerja tinggi dan besar secara fisik.

Sejauh ini ASRock tampak masih enggan mengungkapkan setiap detail tentang motherboard terbarunya tersebut, dan kemungkinan semua itu akan segera terjawab saat debut resminya pada ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas minggu depan.

Selain menghadirkan rancangan 11-power phase Dr. MOS untuk menambahkan stabilitas dan kinerja overclocking, ASRock X399M Taichi ini juga bakal dilengkapi tiga slot PCIe x16 kecepatan penuh, bersama dengan konektor U.2 dan dua slot Ultra M.2. Jadi meskipun ukurannya yang relatif kecil, pengguna masih akan dapat memberdayakan motherboard ini dengan asupan peralatan mutakhir, termasuk beberapa kartu grafis dan solid state drive NVMe yang super cepat.

Sebagaimana yang diklaim pihak ASRock, motherboard seri ASRock Taichi ini selalu menjadi pilihan terbaik di antara motherboard high-end yang ada saat ini. Untuk merancang motherboard M-ATX adalah sebuah tantangan, terutama pada platform X399 dengan space terbatas yang ada. Namun seperti biasanya, berkat kemampuan dan teknologi yang dimiliki, ASRock telah berupaya untuk membuat segalanya terwujud.

Pada dasarnya ASRock sendiri tetap secara konsisten menawarkan produk yang menghasilkan harga jual yang tinggi. Motherboard besutannya kerap dilengkapi dengan fitur yang biasanya disediakan untuk harga akhir yang lebih tinggi tentunya. Berbeda dengan motherboard X399 Taichi yang saat ini dipasarkan sekitar $ 340, kisaran harga X399M Taichi terbaru kemungkinan berada diatas saudara besarnya tersebut.

NO COMMENTS

Leave a Reply