You are currently viewing Mozilla Firefox OS 2.5 Kini Dapat Anda Jalankan di Smartphone Android
(kredit: Phone Arena)

Mozilla Firefox OS 2.5 Kini Dapat Anda Jalankan di Smartphone Android

Beberapa hari yang lalu, Mozilla diketahui telah meluncurkan Firefox OS 2.5 Developer Preview. Meski saat perilisannya Firefox ini membawa sejumlah fitur baru, namun ada yang menarik dari Firefox versi pengembang ini, yakni Mozilla menawarkan cara untuk menginstal Firefox OS pada perangkat smartphone Android.

(kredit: Phone Arena)
(kredit: Phone Arena)

Seperti yang dilansir dari Phone Arena, Rabu (11/11/2015), sebelumnya fitur test-drive atau mencicipi Firefox OS 2.5 pada smartphone Android telah disediakan oleh pengembang pihak ketiga, yakni Hack. Namun fitur ini kini telah mendapat dukungan penuh dari pihak Mozilla sendiri selaku pengembang Firefox OS.

Seperti yang kita ketahui selama ini, Mozilla selama beberapa tahun terakhir ini memang sedang gencar mengembangkan sistem operasi mobile yang bernama Firefox OS setelah berhasil dengan browser Firefox-nya. Firefox OS sendiri pada mulanya ditujukan untuk perangkat smartphone dengan harga yang terjangkau, namun kini penggunaan Firefox OS tidak hanya diarahkan untuk perangkat murah, namun dialihkan pada perangkat yang kaya fungsi dan fitur.

Firefox OS 2.5 hadir dengan membawa beberapa fitur, diantaranya dukungan Add-ons, privat browsing dengan perlindungan pelacak, serta kemampuan untuk menandai sebuah situs di layar utama. Dengan beberapa fitur utama tersebut, Firefox OS 2.5 merupakan pilihan alternatif sistem operasi mobile open source dengan keunggulan pada keamanannya.

Preview dari Forefox OS sendiri berupa file APK, yang berarti Anda dapat langsung mencoba previewnya dengan cara menginstal pada smartphone Android seperti menginstal aplikasi Android pada umumnya. Sejatinya, aplikasi preview Firefox OS 2.5 ini lebih mirip aplikasi launcher yang biasa ditemui pada sistem operasi Android. Namun yang membedakannya di sini adalah, Preview Firefox OS menyediakan aplikasi bundle seperti pesan, panggilan, email, dan semacamnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba preview dari Firefox OS 2.5 bisa langsung menginstal file APK yang bisa mengikuti link berikut. Sedangkan bagi yang ingin langsung menerapkan Firefox OS, Mozilla menyediakan build Firefox OS untuk beberapa perangkat yang bisa Anda ikuti pada link berikut.

(rez)

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply