Meskipun kartu grafis (VGA card) seri GeForce GTX 980 TI sudah dirilis beberapa bulan lalu, tak menghentikan para produsen untuk berhenti berinovasi dalam mengembangkan produknya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu merek ternama, MSI.

MSI yang terkenal dengan lambang naganya, kini memperkenalkan kartu grafis terbaru mereka kepada khalayak luas. Namun terdapat yang berbeda kali ini, MSI meluncurkan kembali varian kartu grafis mereka yang sudah dalam kondisi ter-overclock. Seperti pada seri-seri sebelumnya, varian lightning yang menjadi ikon MSI merupakan kartu grafis yang performanya di atas rata-rata dibanding dengan kartu lain.

msi980ti-00

Seri yang diperkenalkan kali ini adalah kartu grafis dari Nvidia yaitu, GeForce GTX 980 TI. Seri GeForce 980 GTX TI ini merupakan kartu high-end yang diperuntukan kepada gamer kelas berat ataupun para enthusiast user.

Yang menjadi pembeda dengan kartu referensi dari Nvidia terletak pada base clock, boost clock, serta memory clock. MSI memberikan base clock sebesar 1203MHz dan boost clock sebesar 1303Mhz. Untuk memory clocknya, MSI memberikan angka sebesar 1774MHz. Bagi yang belum tahu, spesifikasi bawaan dari Nvidia yang memiliki base clock 1000MHz, boost clock 1075MHz, dan memory clock sebesar 1753Mhz.

msi980ti-4

Dengan perbedaan yang cukup signifikan, maka performa yang dihasilkan oleh MSI GeForce GTX 980 TI Lighting akan lebih unggul dalam memberikan jumlah frame per second (fps). Tidak hanya sebatas itu, dengan nama Lightning, pastinya kartu grafis yang dibalut warna hitam kuning ini dapat didongkrak performanya melalui overclocking.

Bicara masalah ketahanan, tidak perlu khawatir karena MSI sudah menanamkan komponen kelas atas untuk menunjang kartu grafis ini. Seperti, terdapatnya 3 kipas dengan desain Tri-Frozr terbaru yang juga dilengkapi dengan 5 pipa untuk membuang panas. Juga telah menggunakan komponen Millitary Class 4 yang memberikan umur dan daya tahan kartu grafis ini lebih panjang. PCB 10 layer yang siap digeber menuju performa maksimalnya dengan balutan backplate di belakangnya.

msi980ti-3

msi980ti-0

msi980ti-1

Untuk harga, tentunya perlu merogoh kocek dalam-dalam karena sejatinya kartu grafis ini merupakan kartu grafis kelas atas. Diperkirakan harga kartu grafis ini di atas nominal 12 juta Rupiah di pasaran Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here