Bagi yang suka bepergian, biaya roaming panggilan telepon tentu menjadi hal yang tidak mengenakkan. Namun kalau bepergian ke Eropa, Anda tidak akan mendapatkan permasalahan seperti itu. Terhitung mulai tahun depan, Uni Eropa secara resmi akan menghapuskan biaya roaming panggilan telepon.

biaya roaming

Menurut kabar yang dilansir dari Travel Daily Media, terhitung mulai Desember 2015, para pelancong yang bepergian ke Eropa bisa melakukan panggilan atau internetan dengan biaya normal, bukan biaya roaming. Dengan begitu, para traveler pun bisa lebih menghemat dalam melakukan komunikasi.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Komisi Uni Eropa, pada bulan Febrari kemarin 94 persen masyarakat Eropa menghindari pemakaian telepon, baik untuk melakukan panggilan ataupun internet. Hal ini dilakukan karena biaya tinggi akibat adanya biaya roaming.

Perubahan kebijakan ini pun akan efektif tertanggal 15 Desember 2015 mendatang. Pemberlakuan kebijakan ini masih harus menunggu persetujuan dari pemerintah Eropa. Setelah disetujui, maka para konsumen di Eropa bisa langsung menikmati panggilan dan internetan di wilayah lain dengan biaya rumah.

via Travel Daily Media