NASA (National Aeronautics and Space Administration) merupakan lembaga antariksa milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program eksloprasi luar angkasa AS. Baru-baru ini NASA tengah mengerjakan proyek SLS (Space Launch System) yang digadang-gadang merupakan roket peluncur terbesar dan terkuat sepanjang sejarah umat manusia yang dimiliki NASA.

Space Launch System (Kredi: NASA)

Seperti yang dilansir dari Softpedia, Selasa (27/10/2015), mereka telah berhasil meyelesaikan fase rancangan atau CDR (critical design review) dalam waktu yang tidak sebentar, yakni kurang lebih selama 40 tahun. Roket ini ditujukan untuk program eksplorasi luar angkasa atau untuk mendukung misi luar angkasa selanjutnya.

Misi eksporasi luar angkasa berikutnya tersebut akan mengangkut dan mengirim manusia ke beberapa spot guna untuk meliti benda benda luar angkasa, seperti Bulan, asteroid, bahkan yang sedang hangat saat ini adalah ekspolari planet merah, Mars. Seperti yang kita ketahui, saat ini NASA sendiri tengah menjalankan misi Mars guna meneliti apakah ada kehidupan atau kemungkinan manusia dapat membangun koloni di planet merah tersebut.

Space Launch System (Kredi: NASA)

Jika sesuai dengan rencana, NASA berharap bahwa Space Launch System (SLS) ini akan rampung pengerjaanya pada tahun 2018 mendatang. Untuk pertama kalinya, NASA berhasil membuat roket yang mampu mengakut beban hingga 77 ton. Bahkan setelah digabungkan lagi dengan bagian lainnya, kemampuan daya angkut roket ini meningkat 115 hingga 143 ton.

Seperti yang disebutkan oleh NASA, Space Launch System (SLS) ini merupakan wahana luar angkasa terbesar yang pernah ada. Ketika semua bagian disatukan, SLS akan memiliki tinggi hingga 98 meter (332 kaki). Nantinya untuk mendorong roket ini, SLS akan memiliki empat mesin RS-25.

Seperti yang telah kita ketaui sebelumnya, Space Launch System (SLS) pertama kali diluncurkan pada tahun 1969. Adalah Neil Amstrong dan Edwin Buzz Aldrin yang merupakan dua manusia pertama yang berhasil menginjakan kaki di Bulan. Semenjak puluhan tahun lamanya, kini SLS siap untuk diluncurkan kembali agar dapat melanjutkan misi luar angkasa selanjutnya.

” SLS akan menjadi roket terkuat dalam sejarah manusia yang akan meluncur dengan pesawat luar angkasa Orion, kedua wahana luar angkasa tersebut akan memulai eksplorasi era baru di luar orbit bumi”, ungkap NASA.

(RH)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here