Anda ingin mencicipi perangkat Chromebook dari Google, namun tidak senang tentang gagasan berbagi data dengan Google? NayuOS merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena sistem operasi ini khusus dirancang untuk Chromebook tanpa harus mengirim data ke server Google.

toshiba-chromebook-inline

NayuOS merupakan sistem operasi gratis dan bersifat open source Chromium OS dari pengembang Nexedi. Menariknya, kini sudah ada build yang sudah dapat diunduh oleh pengguna Chromebook untuk beberapa manufaktur, seperti Acer, Asus, Dell, Lenovo, dan Toshiba.

Chromebook tanpa layanan Google mungkin akan membuat Anda tidak memiliki fitur secara lengkap, seperti laptop normal yang menjalankan Chrome OS. Dengan begitu, Anda tidak akan dapat dengan mudah menginstal aplikasi dari Toko Web Chrome atau mencadangkan prefensi Anda ke server Google untuk menempatkan prefensi Anda ke perangkat lain.

NayuOS

Tapi para pengembang NayuOS mengatakan Anda masih mendapatkan beberapa manfaat dari Chromebook ketika menggunakan sistem operasi ini, termasuk dukungan untuk hardware murah, booting lebih cepat, dan keamanan yang kuat karena aplikasi dijalankan dalam lingkungan sandboxed yang mengisolasi mereka dari inti sistem operasi.

Sistem operasi NayuOS ini menyasar para pengembang dan selain menjalankan tanpa login Google, Anda akan selalu menjalankan NayuOS sebagai mode tamu. Selain itu, sistem operasi ini menambahkan alat untuk pengembangan, menghubungkan ke perangkat lain pada jaringan lokal, dan banyak masih lagi.

Keuntungan lain dalam menggunakan  NayuOS ini adalah, bekerja baik pada negara atau wilayah yang memberi batasan akses ke layanan Google, seperti negara Tingkok, demikian seperti yang dilaporkan Liliputing, (29/1/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here