Saat ini cukup banyak produk Chromebook murah yang bisa dijumpai di pasaran. Meskipun dipatok dengan harga murah, namun popularitas Chromebook masih kalah jauh jika dibandingkan dengan notebook Windows. Namun kini sebuah langkah berbeda dilakukan oleh NComputing. Mereka meluncurkan sebuah Chromebook yang bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi Windows.

cx110

Chromebook tersebut adalah CX110 yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Chromebook lain di pasaran. Hanya saja, Chromebook ini dilengkapi dengan aplikasi vSpace Client for Chromebook yang memberikan akses menjalankan aplikasi Windows. Sayangnya, akses tersebut hanya berlaku selama satu tahun.

Laptop berbasis Chrome OS ini hadir dengan layar berukuran 11.6 inci yang mempunyai resolusi 1366 x 768 piksel. Di dalamnya terdapat prosesor berbasis ARM Cortex-A17 quad core yang ditunjang dengan keberadaan RAM sebesar 4GB dan memory internal berkapasitas sebesar 16GB. Pihak NComputing juga memberikan layanan berlangganan selama satu tahun untuk pembelajaran video di Brightstorm.com.

Keuntungan lainnya, Chromebook ini menawarkan performa yang sangat ringan. Proses booting pun tidak butuh waktu lama, tak kurang dari 10 detik. Sebagai tambahan, Chromebook ini juga didesain mempunyai daya tahan baterai yang awet. Sekali pengisian, baterai laptop Chrome OS ini bisa digunakan hingga 8,5 jam pemakaian.

Menurut rencana, laptop Chrome OS ini akan mulai dipasarkan pada bulan mendatang. Harganya? Tidak terlalu mahal. Satu unit laptop Chrome OS ini bisa diperoleh dengan harga sebesar 229 USD atau setara 3 juta rupiah.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here