Aktivitas Pokemon GO diperkirakan akan semakin meningkat dalam beberapa bulan ke depan, seiring kehadiran musim liburan yang sebentar lagi akan tiba yang praktis membuat para pemainnya akan betah berlama-lama memainkan game AR populer tersebut. Sedangkan disisi yang lain, dengan semakin populernya game tersebut maka tak tertutup pula dengan semakin banyaknya kasus yang bermunculan termasuk salah satunya kecurangan dalam permainan game tersebut. Dan menyadari hal itu, pihak pengembang kabarnya kini telah memiliki solusi jitu untuk meredam kecurangan yang terjadi dalam permainan Pokemon GO.

ninatic-playing-pokemon-go-680px
TheSilphRoad, situs web terkemuka untuk segala hal tentang Pokemon GO, melaporkan kalau “jumlah besar” akun bot sekarang mulai “dibayang-bayangi”, yang biasanya dapat diartikan kalau seseorang telah dilarang mengakses produk tertentu sedemikian rupa, sehingga mereka tidak menyadarinya. Dalam kasus yang paling umum, hal ini dilakukan di forum dan situs web, di mana pengguna yang dibayangi adalah satu-satunya yang dapat melihat pesan yang mereka poskan.

Perlakuan shadowban menandakan kalau akun bersangkutan yang terkena dampak hanya akan menemukan Pokemon yang sangat umum dan tidak diinginkan, seperti Pidgey, Zubat, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghentikan kecurangan melalui pemindai otomatis yang menunjukkan lokasi Pokemon yang tidak berada dalam jarak dekat para pemain nyatanya.

TheSilphRoad juga mengungkapkan kalau kecurangan dengan meniru geolokasinya (menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mengelabui GPS-nya tentang keberadaannya) juga tidak bakal aman sekarang. Meskipun para cheater tidak termasuk dalam gelombang larangan pada saat ini, namun Niantic telah mempertegas kalau pihaknya bakal berencana untuk mengatasi masalah tersebut dengan spoofing GPS secepatnya nanti.

Meskipun langkah ini tidak mungkin akan mengakhiri kecurangan berbasis bot, namun TheSilphRoad berasumsi kalau hal ini justru bisa menjadi awal dari deteksi bot berbasis komputer. Dan apa yang telah dilakukan oleh Niantic bisa jadi sebagai awal untuk mengotomatisasi pertarungannya melawan akun bot jahat pada permainan Pokemon GO.

Semua ini dikonfirmasi oleh karyawan Ninatic yang mengikuti nama pengguna Reddit NianticGeorge. Sejauh ini pihak Ninatic akan berkomitmen untuk terus menjaga kondisi Pokémon GO dan komunitas trainer. Bagi siapapun yang melanggar Pokémon GO Terms of Service (termasuk dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga dan cheats lainnya) maka gameplay-nya akan terpengaruh dan kemungkinan tidak dapat melihat semua Pokémon di sekitarnya. Meskipun tidak dapat mendiskusikan sistem yang diterapkan, namun pada dasarnya Ninatic akan memastikan kalau pihaknya akan terus menyempurnakan cara baru untuk memastikan integritas permainan agar tetap menyenangkan dan adil bagi semua Trainer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here