You are currently viewing Nirsoft dan Zamzom, Dua Pilihan Tool untuk Mengawasi WiFi

Nirsoft dan Zamzom, Dua Pilihan Tool untuk Mengawasi WiFi

WiFi kini menjadi teknologi yang lumrah dan banyak digunakan di rumah. Teknologi ini memang memberi kemudahan dalam mengakses internet dan memberikan biaya yang cukup murah.

Namun, ada kalanya jika terdapat tamu tak diundang yang tiba-tiba mengakses WiFi Anda. Atau bisa saja ada orang yang mendownload file dalam jumlah besar yang mengakibatkan bandwith internet Anda semakin terbatas.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan password dalam jaringan WiFi Anda. Dan, sebagai langkah tambahan, Anda juga bisa menggunakan tiga tool berikut yang berguna untuk melihat siapa saja yang tengah menggunakan jaringan Wireless Anda.

1. Nirsoft Wireless Network Watcher

Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk melihat siapa saja yang tengah login dalam jaringan wireless Anda. Dalam aplikasi ini, Anda bisa melihat IP adress sertan MAC address dari perangkat-perangkat tersebut. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis di sini.

2. Zamzom Wireless Network Tool

Tool yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan Nirsoft. Di sini, Anda juga bisa melihat IP address dan MAC address perangkat yang tengah menggunakan jaringan WiFi Anda. Tool ini pun dilengkapi dengan dua fitur pencarian, yakni Fast Scan dan Deep Scan. Dan, kalau Anda mengunduh versi premium dari Zamzom, Anda juga bisa memperoleh informasi lebih seperti nama komputer atau bahkan memblokir user. Aplikasi ini bisa diunduh di link berikut.

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply