Tanggal 1 Desember kemarin, HMD global selaku pemegang lisensi brand Nokia telah merayakan hari ulangtahun yang pertama. Setahun debut di industri smartphone, HMD global dikabarkan tengah menyiapkan smartphone flagship baru, Nokia 9 yang diharapkan meluncur pada bulan Januari tahun depan. Namun Nokia 9 tidak akan rilis sendirian, karena diperkirakan bakal ada Nokia 8 generasi kedua yang juga akan debut bulan depan.

Nokia 8 sendiri diluncurkan pada bulan September lalu dan sudah mulai dijual di beberapa negara. Meski hadir dengan spesifikasi high-end, namun desain Nokia 8 masih mirip dengan smartphone mid-range. Ya, hingga kini HMD global belum memiliki smartphone berdesain full-screen seperti Galaxy S8, LG V30 dan iPhone X. Oleh karena itu, laporan terbaru mengklaim jika Nokia 9 bakal hadir dengan desain full-screen agar bisa bersaing dengan para rivalnya.

Spekulasi yang muncul sekarang mengatakan jika HMD global akan mengadakan acara peluncuran smartphone terbarunya pada tanggal 19 Januari 2018. Laporan sebelumnya menyarankan bahwa Nokia 9 akan memiliki layar seluas 5,5 inci dengan tepi yang melengkung dan memiliki resolusi 2K. Sementara untuk Nokia 8 (2018) diharapkan hadir dengan layar 18:9.

Keduanya bakal mengusung chipset flagship tahun 2017, yakni Snapdragon 835 dan diharapkan sama-sama mengusung setup dual-kamera di belakang. Untuk mendapatkan sertifikasi IP67, HMD global dikabarkan akan menyingkirkan jack audio 3.5mm pada Nokia 9 dan Nokia 8 (2018).

Nokia 9 dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB mungkin akan dibanderol seharga 3.699 Yuan (Rp 7,5 jutaan). Varian yang lebih tinggi dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB mungkin dibanderol seharga 4.199 Yuan (Rp8,5 jutaan). Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga Nokia 8 (2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here