Setelah lama vakum, Nokia belakangan ini sering dirumorkan akan kembali terjun ke bisnis yang sempat ia kuasai beberapa tahun silam. Adapun bocoran berupa render smartphone yang diduga merupakan handset Nokia yang akan meluncur tahun ini telah beredar. Menurut rumor, Nokia akan memulai debutnya tahun ini dengan smartphone Android bernama Nokia A1.

Nokia-A1

Bahkan semenjak tahun 2015 lalu, rumor tentang perangkat ini sudah beredar di dunia maya, dan pada rumor tersebut dikatakan Nokia akan mulai membuat smartphone ini pada akhir tahun 2016 ini. Berbeda dengan rumor yang sebelumnya telah beredar, menurut laporan dari Digital Spy, Senin (4/4/2016), handset yang bakal dinamakan Nokia A1 akan segera dihadirkan pada pertengahan tahun ini.

Pada bocoran teaser yang beredar baru-baru ini memperlihatkan handset ini menggunakan launcher Nokia Z seperti tablet Android yang sempat dirilis Nokia tahun 2014 lalu, yakni Nokia N1. Kemungkinan smartphone ini menjalankan Android 6.0 Marshmallow dengan menyesuaikan tampilan antarmuka.

Adapun spesifikasi dari handset menurut bocoran meliputi layar seluas 5,5, inci dengan membawa resolusi FHD 1080p. Smartphone ini memiliki kamera belakang berbentuk bulat yang berdampingan dengan LED flash. Menariknya, sektor dapur pacu smartphone ini akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 652.

Dengan informasi chipset tersebut, tentu ini menandakan bahwa handset tersebut akan menyasar kalangan mid-range. Nokia sendiri kabarnya tidak akan memproduksi handsetnya sendiri, perusahaan itu dikabarkan bakal menggandeng Foxconn untuk memproduksi handsetnya. Namun desain dan teknologi masih Nokia yang menangani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here