Nokia C1

Nokia dilaporkan akan kembali lagi di industri smartphone pada tahun ini. Kembalinya Nokia ditandai dengan  kemunculan Nokia A1 baru-baru ini. Namun selain Nokia A1, perusahaan asal Finlandia itu juga memiliki Nokia C1 yang diharapkan meluncur pada akhir tahun ini. Smartphone tersebut kabarnya akan mendukung OS Android dan Windows 10 Mobile.

Nokia C1
Nokia C1

Menurut laporan dari Knowyourmobile, CEO Nokia Rajeev Suri telah memberi pernyataan resmi bahwa meski departemen perangkat mobile smartphone telah dibeli oleh Microsoft, namun batas waktu pada kesepakatan antara dua perusahaan akan berakhir pada kuartal keempat 2016.

Tentu dengan berakhirnya perjanjian tersebut, akan membuat Nokia bebas melangkah dan memasuki industri pasar ponsel yang sempat ia tinggalkan beberapa tahun. Selain itu, Nokia juga tidak menyediakan satu ponsel saja, karena kabarnya Nokia A1 dan C1 meluncur pada waktu yang berdekatan atau bahkan dalam waktu yang sama.

Sementara bocoran tentang Nokia A1 sudah beredar sebelumnya, khusus perangkat Nokia C1 dikabarkan akan hadir mengusung layar seluas 5,5 inci dan varian yang lebih kecil, yakni 5 inci. Kedua varian sudah mendukung resolusi FHD 1080×1920 piskel.

Ini sepertinya akan menjadi dua model, seperti iPhone 6s dan 6s Plus. Varian layar 5 inci bakal memiliki RAM sebesar 2GB yang dipadukan dengan memori internal sebesar 32GB dan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Sementara varian yang lebih besar, yakni 5,5 inci mengusung RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 64GB. Untuk sektor fotografi bakal membawa kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Menariknya, untuk sistem operasi kabarnya perusahaan akan menyediakan dua varian sistem operasi, yakni OS Android dan varian Windows 10 Mobile untuk wilayah tertentu. Kita nantikan perkembangan selanjutnya tentang Nokia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here