Handphone dengan brand Nokia kemungkinan besar tak akan lagi ditemukan di pasaran pasca akuisisi yang dilakukan oleh Microsoft. Namun, sebuah perusahaan baru asal Singapura bernama Newkia pun berencana untuk mengembalikan Nokia ke pasaran.

Dengan menggunakan nama yang mirip, Newkia pun akan berusaha untuk mempunyai kualitas yang sama dengan Nokia. Caranya, mereka pun berusaha untuk merekrut individu-individu yang pernah bekerja di Nokia. Menariknya, pendiri dari perusahaan ini juga merupakan mantan CEO Nokia untuk kawasan Asia Pasific bernama Thomas Zilliacus. Dikutip dari Cnet, Zilliacus mengatakan bahwa dirinya sempat berminat untuk membeli Nokia beberapa tahun lalu. Namun hal tersebut tak bisa diwujudkannya karena dana yang minim.

Dengan mendirikan Newkia, dia pun ingin menghadirkan handphone ala Nokia yang menggunakan sistem operasi Android. Dia pun mengklaim bahwa sudah ada beberapa mantan pegawai Nokia yang bekerja di perusahaannya. Ke depan, akan terdapat mantan pegawai Nokia lainnya yang bakal direkrutnya.

Nokia, ujarnya, memiliki sikap yang sangat arogan dan melepaskan kesempatan yang dimilikinya pada saat menguasai pasaran. Sebagai contoh, terdapat sebuah prototype handphone Nokia yang mirip dengan iPhone dan dikembangkan empat tahun sebelum kemuncukan iPhone generasi pertama. Dan prototype tersebut tak pernah diluncurkan karena Nokia berpikir bahwa pasar tak menginginkannya.

via Cnet

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here