Nokia Luncurkan Viki Voice Assistant, Saingan Berat Siri dan Google Assistant?

Nokia Luncurkan Viki Voice Assistant, Saingan Berat Siri dan Google Assistant?

Setelah menghadirkan smartphone Nokia 6 dengan sistem operasi Android, tampaknya perusahaan semakin gencar dalam mengembangkan bisnis smartphone dengan membangun sistem kecerdasan buatan berupa asisten digital seperti Siri, Google Assistant, atau Cortana. Sistem asisten digital kembangan Nokia disebut Viki yang tampaknya menjadi ancaman sistem AI milik Apple, Google, dan Microsoft.

nokia-header

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, Senin (9/1/2017), telah muncul berbagai rumor bahwa Nokia telah mendaftarkan merek dagang untuk asisten suara pribadi yang disebut Viki ini di Uni Eropa. Dalam aplikasi, produk dideskripsikan sebagai “perangkat lunak untuk penciptaan dan pemantauan mobile dan web asisten bekerja dengan pengetahuan digital dan menggabungkan semua sumber data ke single chat dan antarmuka berbasis suara.”

nokia-viki

Meskipun Nokia tampaknya tengah bekerja pada asisten digital berbasis suara untuk perangkatnya, namun spekulasi lain menunjukkan bahwa Viki mungkin bukan hanya asisten suara dan dapat berhubungan dengan beberapa proyek lainnya dari perusahaan. Menambahkan asisten suara pada smartphone tampaknya menjadi tren yang sedang berkembang pada perusahaan smartphone.

Penambahan asisten digital berbasis suara untuk smartphone Nokia terbilang penting, sebab brand lain mengandalkan fitur tersebut untuk bersaing. Seperti yang kita ketahui, iPhone mengandalkan Siri, Google Pixel mengandalkan Google Assistant, dan ponsel Windows 10 mengandalkan Cortana. Bahkan, Samsung juga dikabarkan menyiapkan asisten suara Bixby yang bakal meluncur bersama Galaxy S8.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply