Persaingan handphone pintar dan tablet di tahun 2013 ini nampaknya akan semakin ramai. Terlebih beberapa produsen prosesor mulai memunculkan produk terbarunya. Dan, yang paling baru adalah ST Ericsson dengan prosesor terbarunya yakni NovaThor L8580.

Prosesor ini merupakan sebuah prosesor quad core yang menggunakan arsitektur ARM Cortex A9. Kelebihan prosesor ini adalah kecepatannya yang mampu dipacu hingga 3GHz. Sebelumnya, ST Ericsson telah meluncurkan prosesor lain di tahun lalu yang mampu memperoleh kecepatan sebesar 2.5GHz.

Dengan kecepatan yang tinggi, permasalahan baterai pun menjadi hal yang harus diperhatikan. Dan, hal ini juga menjadi perhatian dari ST Ericsson. Mereka pun memperkenalkan sebuah teknologi manufacturing FD-SOI 28nm pada prosesor ini.

ST Ericsson juga menggunakan fitur bernama ModaAp yang memungkinkan sebuah aplikasi untuk berjalan 35 persen lebih cepat. Fitur lain yang ada pada prosesor ini antara lain adalah dual kamera hingga 20MP, HD Voice, LTE serta GPU PowerVR SGZ544.

(Via GSM Arena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here