Peluncuran NVIDIA Ansel (Kredit: Twitter/NVIDIA)

NVIDIA baru saja mengumumkan Ansel, sesuatu yang menyenangkan dan disebut sebagai kamera digital virtual yang dapat dioperasikan di dalam game. Hal ini mengubah cara gamer mengambil gambar “screenshot”. Begitu banyaknya sehingga pada kenyataannya bahwa kata “screenshot” harus benar-benar tidak digunakan lagi. Menariknya, kamera ini bisa menangkap gambar hingga resolusi (~ 60000 × 40000 piksel), dan dapat menangkap gambar 360 VR juga.

Peluncuran NVIDIA Ansel (Kredit: Twitter/NVIDIA)
Peluncuran NVIDIA Ansel (Kredit: Twitter/NVIDIA)

 

Ansel bekerja dengan cara yang sederhana, yakni ada shortcut untuk mengaktifkan Ansel. Setelah Ansel dalam keadaan ON, aksi pada game akan menjadi freeze, tapi kamera tetap interaktif. Pada mode Ansel, pengguna bisa terbang di sekitar dan menemukan sudut pandang yang baik untuk mengambil snapshot dari sudut manapun. Beberapa parameter juga dapat diubah, termasuk resolusi foto, bidang pandang dan efek warna.

Ansel adalah ide yang benar-benar baik dan mengagumkan, menariknya fitur tersebut datang secara built-in ke dalam driver grafis NVIDIA. Ini masuk akal karena, pada waktu tertentu, driver tidak berisi semua data yang dibutuhkan untuk membuat sebuah adegan dari game.

Tentu saja, beberapa game mungkin tidak sesuai dan tergantung pada pelaksanaannya serta jumlah perkiraan yang harus driver lakukan untuk menemukan semua parameter kamera pada game. Ada daftar game yang telah diuji NVIDIA, tetapi kemungkinan bahwa sebagian besar permainan akan kompatibel, dan dengan sedikit kerjasama dari pengembang game, beberapa game akan kompatibel dengan Ansel.

Resolusi super-lebar sangat berguna juga karena salah satunya sekarang bisa mencetak gambar seukuran poster dari tangkapan gambar di dalam game dan crop kini tidak menjadi masalah lagi. Jadi siapkah Anda membidik objek menarik di dalam game?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here