Beberapa waktu lalu, Nvidia telah mengumumkan dua jajaran VGA card terbarunya, yang mengusung arsitektur terkini, Pascal. Dengan bermodalkan fabrikasi 16nm FinFET, kedua VGA card tersebut bakal melanjutkan seri sebelumnya, yakni GeForce GTX 1080 dan GTX 1070. Yang dijanjikan pada VGA card ini tidak hanya pada penggunaan daya listrik yang lebih hemat dari GPU Maxwell sebelumnya, namun memberikan peningkatan performa yang sangat signifikan.

NVIDIA-GeForce-GTX-1080

Seperti yang dilansir dari TweakTown, Rabu (18/5/2016), baru-baru ini mereka telah melakukan pengujian terhadap salah satu VGA card tersebut, yakni Nvidia GeForce GTX 1080 Founder Edition. Pada pengujian tersebut, tidak hanya Nvidia GeForce GTX 1080 saja, namun ada beberapa VGA card papan atas, seperti GeForce GTX Titan X, GeForce GTX 980 Ti, GeForce GTX 980, AMD Radeon R9 Fury X dan R9 390X.

Nah penasaran seperti apa performa dari VGA card Nvdia GeForce GTX 1080? Langsung aja yuk.

Pada pengujian pertama menggunakan program pengujian sintetis 3D Mark, Nvidia GeForce GTX 1080 ini menyabet semua posisi atas baik pada pengujian diresolusi Full HD 1920×1080 hingga diresolusi 4K. Pada resolusi Full HD, VGA card ini menorehkan skor sebesar 17640 poin kemudian diikuti oleh GeForce GTX Titan X dan GTX 980 Ti yang terpaut lumayan jauh. Sedangkan untuk resolusi 4K, GeForce GTX 1080 ini meraih skor 5021 poin yang diiringi oleh GeForce GTX Titan X dan GTX 980 Ti.

Torehan skor yang tinggi membuat VGA card sekelas GeForce Titan X takluk dengan GeForce GTX 1080, kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K (Kredit: TweakTown)
Torehan skor yang tinggi membuat VGA card sekelas GeForce Titan X takluk dengan GeForce GTX 1080, kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K (Kredit: TweakTown)

Beralih pada pengujian game, mencoba memainkan game dari Ubisoft, Tom Clancy’s The Division pada resolusi Full HD, Nvidia GeForce GTX 1080 ini menjadi yang tercepat dan melibas para VGA card papan atas lainnya. Bahkan sekelas GeForce GTX TItan X yang merupakan VGA card kasta tertinggi Nvidia sebelum ini, harus mengakui ketangguhan GeForce GTX 1080. Sedangkan saat bermain pada resolusi 4K, VGA card ini masih tangguh dengan unggul beberapa FPS dari GeForce GTX Titan X dan AMD Radeon Fury X.

Pengujian game Tom Clancy's The Division kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K (Kredit: TweakTown)
Pengujian game Tom Clancy’s The Division kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K. GeForce GTX Titan X memang harus mengakui ketangguhan GeForce GTX 1080 (Kredit: TweakTown)

Lalu ada game Metro: Last Light Redux, dimana pada game ini memang terkenal berat pada saat kehadirannya dan bukanlah kendala bagi GeForce GTX 1080, karena mampu mencapai torehan hingga 157 FPS pada resolusi Full HD dan 45 FPS diresolusi 4K. Seperti sebelumnya, GeForce GTX Titan X, GTX 980 Ti dan AMD Radeon R9 Fury X harus bertekuk lutut.

gtx-1080-metro
Pengujian game Metro: Last Light Redux, kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K (Kredit: TweakTown)

Yang terakhir ada Ashes of the Singularity dimana game strategi ini sudah mendukung DirectX 12 yang pastinya mampu menyuguhkan kualitas grafik yang menjanjikan. Pada pengaturan paling tinggi dengan menggunakan resolusi Full HD, VGA card ini memperoleh 66 FPS, diikuti oleh GeForce Titan X dan AMD Radeon R9 Fury X. Lalu pada penggunaan resolusi 4K, VGA card ini sedikit unggul 2 FPS dari GeForce Titan X.

gtx-1080-ashes
Pengujian pada game Ashes of the Singularity, kiri menggunakan resolusi Full HD dan kanan menggunakan resolusi 4K (Kredit: TweakTown)

Itulah performa yang disuguhkan oleh Nvidia GeForce GTX 1080, yang mana bisa kita simpulkan bahwa VGA card ini memang sangat menjanjikan. Apalagi dibanderol dengan harga yang lebih murah dari GeForce GTX Titan X dan hampir sama dengan AMD Radeon R9 Fury X, membuat VGA card ini berada pada tahta paling tinggi, mengalahkan semua VGA card sebelumnya. Terlebih penggunaan GPU Pascal dan fabrikasi 16nm, membuat VGA card ini hanya membutuhkan asupan daya 8 pin atau mampu menggunakan power supply sekitar 500 Watt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here