Penggunaan air sebagai solusi pendinginan perangkat komputer sepertinya sudah menjamur dan mulai menarik daya pikat konsumen. Pada awalnya, sistem pendingin air ini digunakan untuk prosesor saja, namun sekarang hampir semua komponen perangkat komputer bisa didinginkan dengan sistem pendingin air, termasuk kartu pengolah grafis alias VGA card.

Baru saja, salah satu produsen komponen perangkat komputer, MSI, merilis VGA card dari Nvidia dengan seri GeForce GTX 980 Ti yang menggunakan sistem pendinginan air. Kali ini MSI berkolaborasi dengan sebuah produsen yang juga terjun di dunia komputer dengan memprodukssi perangkat pendingin air, Corsair.

980sh-0-min

Pada VGA card Nvidia GeForce GTX 980 Ti dari MSI ini, dibekali sebuah pendingin air seri Corsair Hydro H55. Penggunaan dari sistem pendingin air ini dimaksudkan agar VGA card ini tidak menghasilkan suhu yang terlalu tinggi, sehingga VGA card ini siap untuk “disiksa” dalam kondisi apapun.

980sh-01-min

980sh-02-min

MSI GeForce GRX 980 Ti ini hadir dengan keadaan “factory overclocked” alias sudah di overclock dari MSI, seperti core clock sebesar 1190MHz ┬ádan boost clock 1291MHz, sedangkan memorinya berada pada konfigurasi 7096MHz. Bagi Anda penggemar overlcock, tentunya VGA card ini siap digeber lebih cepat lagi menggunakan software overclock dari MSI, MSI Afterburner. Apalagi dengan sistem pendingin air seperti ini membuat MSI GeForce GTX 980 Ti Sea Hawk ini tidak akan mengalami suhu berlebih alias overheat.

Untuk harganya sendiri, nampaknya perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya, untuk meminang VGA card ini perlu uang sebesar 740 USD atau sekitar 11 juta Rupiah.

Tertarik untuk membeli VGA card ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here