Inikah GTX 990M yang setara dengan 2x GTX 980M itu?

Bermain game tidak melulu di perangkat komputer atau perangkat konsol, karena sekarang ini sudah banyak notebook yang memberikan spesifikasi hampir setara dengan perangkat komputer, meskipun tidak sama cepatnya.

Berbagai produsen notebook juga beramai-ramai menanami notebook yang mereka produksi dengan prosesor dan pengolah grafis yang hampir setara dengan perangkat komputer, untuk menunjang aktifitas gaming. Meskipun dibanderol dengan harga di atas rata-rata, pasar notebook gaming tetap selalu laris karena tidak semua orang bisa merakit komputer.

Inikah GTX 990M yang setara dengan 2x GTX 980M itu?
Benarkah GTX 990M setara dengan 2x GTX 980M?

Kali ini rumor berhembus dari pabrikan ternama pengolah kartu grafis yang kental denga warna hijaunya, Nvidia. Terdapat rumor bahwa pengolah grafis seri GeForce GTX 990M yang ditujukan untuk pasar notebook akan memberikan performa setara 2x GeForce 980M yang di-SLI. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi notebook gamer yang selalu dinomor duakan oleh para produsen perangkat keras komputer.

Dilansir dari VR-Zone, GeForce GTX 990M ini berchipset “N16E-GXX”, dan memiliki arsitektur yang sama seperti pada pengolah kartu grafis seri GeForce GTX 980 untuk perangkat komputer yaitu, Maxwell GM204. Chipset ini diperkirakan akan rilis pada kuartal ke-4 pada tahun ini, dan mungkin akan berada di pasaran pada 2016 nanti.

Terdapat rumor yang menarik bahwa chipset ini nantinya akan langsung dipasang alias disolder langsung ke motherboard, sehingga diperkirakan akan membutuhkan asupan daya yang cukup tinggi. Selain itu, juga dibutuhkan sistem pendingin yang tidak biasa, mengingat penggunaan daya dari chipset tersebut adalah 165 Watt. Bicara masalah harga, masih belum dapat dipastikan karena tersedia berbagai macam konfigurasi untuk notebook. Akan tetapi ada kemungkinan notebook yang menggunakan chipset ini akan seharga 2x lipat dari notebook yang menggunakan chipset GTX 980M, fantastis.

Bagaimana? Berminat untuk merogoh kocek Anda dalam-dalam untuk meminang notebook gaming berchipsetkan GTX 990M?
Via: VR-Zone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here