Anda mungkin keliru seandainya kalau Anda berpikir GeForce GTX 1070 Ti adalah rilis kartu grafis terakhir besutan NVIDIA di tahun 2017. Hal ini sangat beralasan, mengingat baru-baru ini telah tersiar kabar kalau NVIDIA justru telah memposting sebuah teaser video terbarunya ke YouTube yang mengisyaratkan kehadiran produk kartu grafis high-class terbarunya mendatang.

Anda memerlukan mata yang cepat, atau menggunakan kontrol gerak lambat YouTube, untuk melihat teaser NVIDIA paling baru ini. Jika Anda fokus pada waktu tayang 0:11 video tersebut, Anda akan melihat kalau NVIDIA tampaknya akan segera memiliki kartu grafis TITAN X Collector’s Edition terbaru. Dan mengingat ada pancaran warna lampu yang berputar-putar di sekitar kartu, Anda dapat melihat kalau lampu itu menyala melalui LED RGB, yang dapat disesuaikan dengan rig gaming Anda. Menarik untuk dicatat, dua kartu yang ditampilkan yaitu salah satunya menyala merah dan yang lainnya berwarna hijau sehingga seakan bisa mereferentasikan persaingan sengit kartu grafis yang selama ini masih berlangsung antara AMD (tim merah) dan NVIDIA (tim hijau).

Mitra papan NVIDIA sering memasukkan kartu grafis Pascal berbasis mereka dengan pencahayaan RGB, namun NVIDIA biasanya menghindari adopsi produk dangkal seperti yang dilakukan terhadap kartu grafis Founders Edition unggulannya.

Sayangnya, hanya itu yang dapat dibahas. Tidak ada kabar tentang spesifikasi, ketersediaan ataupun harga. Namun sebagai perbandingannya, berikut adalah spesifikasi dari kartu grafis “top dog” Titan Xp yang kemungkinan memiliki kemiripan dengan TITAN X Collector’s Edition :
– Memori GDDR5X 12GB beroperasi pada 11,4 Gbps
– Bandwidth memori maksimum 548Gbps
– 3.840 core CUDA yang berjalan pada clock speed 1.6GHz
– 12 TFLOP daya hitung

Kartu grafis Titan Xp saat ini telah dipasarkan dengan banderol harga $ 1.200 atau sekitar 16,2 jutaan rupiah. Kehadiran TITAN X Collector’s Edition diharapkan akan membawa lebih banyak keunggulan daripada sekedar pencahayaan RGB yang mewah. Dan semoga saja kedepannya ada kemajuan yang berarti pada sisi kapasitas memori/kecepatan/jenis atau bahkan clock GPU yang lebih cepat untuk memperkuat keberadaan merek baru yang diusungnya tersebut. Ya, kita lihat saja nanti…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here