Di awal tahun 2013 ini, NVidia akhirnya merilis suksesor dari prosesor Tegra 3, yakni prosesor Tegra 4. Dan, sama halnya dengan Tegra 3, prosesor Tegra 4 ini adalah prosesor quad core. Meskipun begitu, Tegra 4 ini akan hadir dengan performa yang jauh lebih baik dibandingkan Tegra 3.

Jika Tegra 3 merupakan prosesor yang berbasiskan ARM Cortex-A9, tidak halnya dengan Tegra 4. NVidia membangun prosesor ini berbasiskan ARM Cortex-A15. Selain itu, prosesor ini juga dilengkapi dengan 72 core grafis. Pihak perusahaan pun mengklaim bahwa NVidia Tegra 4 merupakan prosesor quad core brbasis ARM yang paling powerfull.

NVidia pun mencoba untuk membandingkan kemampuan prosesor terbaru mereka dengan Exynox 5 dual core milik Samsung yang disematkan pada Nexus 10. Hasilnya, Tegra 4 memiliki kemampuan untuk load halaman web dua kali lebih cepat.

Keunggulan tersebut berasal dari jumlah core grafis yang banyak. Dikutip dari Liliputing, core grafis pada Tegra 4 dapat meningkatkan HDR (high dynamic range) fotografi secara drastis. Prosesor ini mampu memroses dua foto sekaligus secara bersamaan. Jika proses sebelumnya memakan waktu selama dua detik, maka dengan cara ini waktu yang diperlukan hanya 0.1 detik.

(Via Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here