Nvidia Resmi Perkenalkan GPU Pascal untuk Perangkat Laptop

Nvidia Resmi Perkenalkan GPU Pascal untuk Perangkat Laptop

BeritaTeknologi.com

Setelah Nvidia merilis jajaran VGA card terbaru mereka yang menggunakan GPU Pascal untuk perangkat komputer pada bulan Juni lalu, kini Nvidia akhirnya secara resmi juga merilis GPU Pascal untuk perangkat laptop atau notebook.Menggunakan fabrikasi 16nm FinFET, kita tahu VGA card seri GeForce GTX 10xx ini berhasil membawa performa yang maksimal.

NVIDIA-GTX-10-mobile

Performa tersebut akhirnya bakal dirasakan pada perangkat laptop karena baru saja Nvidia mengumumkan bahwa GPU Pascal bakal segera hadir pada perangkat tersebut. Seperti yang dilansir dari VideoCardz, Selasa (16/8/2016), disebutkan bahwa nantinya Nvidia akan menyediakan tiga varian GeForce, yang mirip pada VGA card komputer, yakni GTX 1080 mobile, GTX 1070 mobile dan GTX 1060 mobile.

Pada GeForce GTX 1080, kabarnya pada versi mobile tidak mengalami perubahan, karena dibekali dengan CUDA core sebanyak 2.560. Angka tersebut juga sama dengan yang ada untuk perangkat desktop (komputer), sehingga disinyalir performanya tidak jauh berbeda. Selain itu juga ada VRAM sebesar 8GB dengan jenis GDDR5X, yang memiliki clock 1Gbps.

Sedangkan pada GeForce GTX 1070 mobile, CUDA core ditanam justru lebih banyak bila dibandingkan dengan VGA card desktop-nya, yakni 2.048 CUDA core (GTX 1070 versi desktop memiliki 1.920 CUDA core). Namun clock yang disuguhkan sedikit lebih pelan daripada versi desktop, yakni 1443MHz untuk base clock dan 1645 untuk boost clock-nya. Kapasitas VRAM juga sama seperti pada versi desktop, yakni 8GB GDDR5.

NVIDIA-GTX-10-mobile-2

Yang terakhir, GeForce GTX 1060 mobile bakal menyasar gamer mainstream, karena untuk spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan varian desktop, dimana memiliki CUDA core sebanyak 1280. Sedangkan untuk base clock sedikit lebih pelan daripada versi desktop, yakni 1405MHz dan boost clock 1569MHz.

Dengan begini, bisa ditebak bahwa GPU Pascal untuk perangkat laptop bakal hadir tidak lama lagi. Yang pasti, para produsen laptop gaming, seperti MSI, Asus, Gigabyte dan yang lainnya tengah bersiap menggunakan GPU ini pada laptop terbaru mereka.

NO COMMENTS

Leave a Reply