Kebutuhan gaming saat ini tidak pernah terlepas bagi pengguna perangkat komputer. Dengan tampilan visual yang memukau, memanjakan para pengguna perangkat komputer. Namun demi mendapatkan tampilan visual yang seperti itu, salah satu yang diperlukan adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang berupa kartu grafis (VGA card). Kali ini, produsen kartu grafis Nvidia baru saja merilis seri terbarunya untuk memenuhi kebutuhuan para gamer.

gtx950-2

Seri terbaru dari Nvidia ini berserikan GeForce GTX 950 dengan menggunakan arsitektur Maxwell, masih sama dengan kakak satu tingkatnya, GeForce GTX 960. Namun yang menjadi pembeda adalah jumlah CUDA Cores, Texture Units, asupan daya listrik, dan tentu harganya yang berbeda juga. Pada GeForce GTX 950 ini, CUDA Cores yang dimiliki sebanyak 768, lebih sedikit dibanding jumlah core pada GTX 960 yang memiliki 1024 core CUDA , lalu juga terdapat 48 Texture Units, lebih sedikit dibanding 64 Texture Unit pada GTX 960, dan asupan daya yang dibutuhkan untuk mengangkat GeForce GTX 950 sebesar 90 watt, yang berarti lebih hemat dibanding GTX 960 yang memerlukan daya 120W.

Untuk lebih detailnya bisa melihat tabel perbandingan GTX 960 vs GTX 950 vs GTX 750Ti vs GTX 650 Ti berikut:

gtx950-dif

Bicara masalah fitur, Nvidia menanamkan beberapa fitur menarik seperti, Multi-Frame sampled Anti-Aliasing (MFAA) yang dapat memberikan performa 2x lipat dibanding seri pendahulunya, Dynamic Super Resolution Technology (DSR) yaitu fitur dimana Anda dapat mencicipi rasanya menggunakan resolusi hingga 4K dengan monitor Full HD 1080p, NVIDIA G-SYNC™ yang meminimalisir tingkat flickering atau efek bergetar pada monitor, serta mempertajam tampilan visual, selain itu juga sudah mendukung teknologi multi-GPU atau Nvidia SLI.

Nvidia meluncurkan kartu grafis ini ditujukan kepada budget gamer yang memiliki dana terbatas, namun ingin mencicipi rasanya bermain game dengan tampilan grafis yang memukau. Selain itu, GeForce GTX 950 ini sangat cocok untuk para penggemar game bergenre MOBA seperti, Dota 2 dan League of Legends, karena pada kartu grafis ini memberikan tingkat jeda yang singkat daripada kartu grafis seri sebelumnya. Video berikut akan menjelaskan dimana tingkat perbedaan jeda tersebut.

Bicara masalah harga, terdapat banyak varian dari masing-masing vendor karena setiap vendor memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Seperti dengan meningkatkan Core Clock, Boost Clock, dan Memory Clock. Namun melihat dari harga termurah, kartu grafis mid-end ini diberi label harga sekitar 2.5 juta Rupiah, dan sudah tersedia di Indonesia.

gtx950amp

gtx950-asus

gtx950-msi

gtx950galax

Tertarik untuk meng-updgrade kartu grafis lama Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here