Perbedaan performa antara sebuah perangkat mobile dengan perangkat desktop kian sempit. NVIDIA dengan chip prosesor Tegra X1 yang merupakan suksesor dari Tegra K1 pun adalah salah satunya. Chip prosesor ini merupakan jawaban dari NVIDIA terhadap tantangan Qualcomm serta Apple.

Pada tahun lalu, NVIDIA Tegra K1 merupakan salah satu chip prosesor yang powerfull. Dan kalau dibandingkan dengan produk terbarunya ini, NVIDIA pun memberikan peningkatan performa hingga mencapai dua kali lipat. Dan meski terdapat peningkatan performa yang tinggi, tingkat konsumsi power dari NVIDIA Tegra X1 ternyata setara dengan tingkat konsumsi power Tegra K1.

tegra x1

Lebih lanjut, NVIDIA mengungkapkan kalau chip prosesor Tegra X1 mempunyai kemampuan untuk menjalankan aplikasi serta games desktop. Terlebih chip ini menjadi prosesor mobile pertama dunia yang performanya melebihi 1 teraflop. Dengan begitu, maka sebuah smartphone ataupun tablet berkemampuan komputer nantinya bisa langsung di dalam genggaman Anda.

Chip ini mempunyai 256 core GPU Maxwell dan ditambah dengan delapan core CPU 64 bit. Pihak NVIDIA pun sempat memamerkan kemampuan dari chip prosesor ini dengan menunjukkan sebuah video realtime Unreal Tournament. Dengan kemampuan seperti itu, nampaknya tak sabar untuk bisa secara langsung melihat performa sebuah tablet atau smartphone NVIDIA Tegra X1.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here