Sebagai seorang gamer dan desainer grafis, peran kartu grafis atau biasa disebut VGA card sangatlah penting. Selain sebagai render grafis, VGA card bagi seorang gamer adalah “nyawa” untuk menambah kesan realistis pada sebuah game sekarang. Salah satu VGA card yang fenomenal saat ini adalah Nvidia GeForce Titan X, yang mana merupakan jajaran tertinggi GeForce untuk pasar konsumen.

gtx-titan-x

Namun meski baru berumur satu tahun kurang, kabarnya Nvidia telah mempersiapkan penerus dari GeForce GTX Titan X. Dilansir dari TweakTown, Rabu (27/1/2016), disebutkan bahwa kabarnya Nvidia bakal mengumumkan penerus Titan X pada bulan April mendatang. Bahkan dikatakan bahwa VGA card yang kabarnya diberi nama Titan X2 ini adalah VGA card terbesar yang pernah dibuat Nvidia saat ini.

GeForce GTX Titan X2 ini kabarnya akan mengusung jenis memori terbaru, HBM2. Sebelumnya AMD Radeon telah menggunakan jenis memori versi pertama, HBM, pada kartu grafis tertinggnya, R9 Fury X. Penggunaan memori HBM2 ini kabarnya lebih kencang dari seri sebelumnya, dan jauh mengungguli memori GDDR5. Memori HBM2 mampu memiliki ukuran 16 hingga 32GB, dengan bandwidth yang dicapai lebih dari 1TB/s, sangar.

Memori HBM2 yang akan digunakan pada Nvidia GeForce GTX Titan X2
Memori HBM2 yang akan digunakan pada Nvidia GeForce GTX Titan X2

Tidak hanya Titan X2 saja, kabarnya bulan Juni mendatang Nvidia juga bakal mengumumkan kartu grafis penerus dari GTX 980 Ti dan 980, dengan basis arsitektur GP104. Untuk penerus GTX 980 Ti disebutkan akan menggunakan jenis memori yang sama dengan Titan X2, HBM2. Sedangkan penerus GTX 980 kabarnya akan mengusung memori jenis GDDR5X, yang mampu menembus bandwidth diangka 450GB/s.

Sudah siap menyambut VGA card terbaru dari Nvidia?

(ND/TweakTown)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here