Persaingan pasaran perangkat mobile dunia tampaknya akan semakin marak dan ketat dengan kehadiran produsen baru yang satu ini. Dikenal dengan nama Olivetti, sebuah perusahaan elektronik Italia ini kabarnya telah berhasil memperoleh pengakuan di kalangan industri IT terhadap jajaran produk tablet Olipad terbarunya baru-baru ini.

Dengan mengemas layar berukuran 10 inci, tablet ini memang tampak mirip dengan kebanyakan model tablet sejenis lainnya yang telah resmi dirilis sejauh ini, terutama apabila ditinjau dari segi hardware. Untuk beberapa alasan tertentu, walaupun pihak perusahaan telah menggulirkan produk tablet tersebut di awal-awal bulan Maret, namun baru sekaranglah tampaknya mendapat perhatian yang nyata dari pasar.

Setelah keikutsertaannya dalam pameran CeBIT beberapa waktu yang lalu, Olipad ini disebut-sebut sebagai produk tablet pertama buatan negara Italia yang mendukung NVIDIA Tegra 2 SoC (System on Chip). Dan bahkan kabarnya chip yang digunakan tersebut telah didukung arsitektur ARM dan merupakan platform yang sama dengan yang digunakan oleh kebanyakan perangkat elektronik semacam ini.

Di lain pihak, tablet Olipad ini juga dibesut dengan sistem operasi Android 2.2. Dan untuk mendukung perangkat bisnis, di dalamnya ternyata dilengkapi pula dengan keberadaan software Application Warehouse yang dirancang secara khusus untuk pertama kalinya.

Sementara itu, Olipad ini juga dibesut dengan fitur-fitur berkualitas lainnya seperti layar sentuh berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1024 x 600 pixel yang mampu memutar video dengan kualitas Full HD 1080p, webcam 1,3 megapixel, WiFi, Bluetooth, 3G, USB dan HDMI di dalamnya. Sedangkan mengenai harganya sendiri, di pasaran dibandrol seharga 399 EUR atau sekitar 4,8 juta rupiah. Dan pemasarannya dilakukan oleh Telecom Italia dengan paket ADSL dan tarif biaya TIM.

Dengan peluncuran OliPad ini telah menunjukkan kalau Olivetti telah memposisikan diri pada pasaran solusi software dan layanan IT yang ditandai dengan integrasinya produk-produk hardware, layanan dan aplikasi yang canggih. Begitulah salah satu pernyataan yang diungkapkan oleh pihak Olivetti dalam siaran pers tentang peluncuran OliPad ini beberapa waktu yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here