Teknologi percetakan semakin hari semakin berkembang, bahkan kini kita tidak hanya dapat mencetak dengan cepat, kita dapat juga mencetak sebuah objek 3 dimensi. Namun kita tahu, bahwa permasalahan untuk mencetak sebuah objek 3 dimensi adalah membutuhkan mesin cetak alias printer yang tidak murah, bahkan cenderung sangat mahal.

olo-0

Dalam menyikapi hal ini, ada sebuah perusahaan startup yang menciptakan sebuah perangkat mesin cetak 3 dimensi, yang mampu mencetak objek secara langsung dari perangkat smartphone.  OLO, adalah sebuah perusahaan asal dari San Fransisco, Amerika Serikat, yang berada di balik teknologi mesin cetak 3 dimensi pada perangkat smartphone ini.

Seperti yang diberitakan oleh Liliputing, Selasa (29/3/2016), disebutkan bahwa OLO ini mampu mencetak segala objek 3 dimensi. Dengan berbekal bahan resin yang ada, nantinya kita dapat memilih jenis apa saja yang sesuai dengan kebutuhan. Memiliki dimensi panjang 173 milimeter, lebar 115 milimeter dan tinggi 148 milimeter, mesin cetak OLO mampu dibawa kemana-mana, bahkan beratnya tidak sampai 1 kilogram.

Cara kerjanya cukup mudah, nantinya kita hanya perlu memilih objek 3 dimensi apa yang akan dicetak melalui aplikasi OLO yang dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Kemudian letakkan printer OLO tepat di atas layar smartphone, teteskan bahan resin yang diinginkan, dan tunggu hingga proses percetakan selesai. Sayangnya, mesin ini tidak dapat mencetak dengan cepat, karena untuk mencetak dengan ukuran tinggi hingga 1 centimeter, membutuhkan waktu sekitar 46 menit.

OLO sendiri hingga saat ini baru saja masuk pada situs crowdfunding, Kickstarter, dan dana yang telah dicapai saat ini sebanyak 1.345.927 USD dari target awal hanya 80.000 USD saja. Untuk harganya sendiri OLO mematok harga 99 USD atau sekitar 1,3 juta Rupiah, dan bakal tersedia pada bulan Oktober mendatang. Tertarik untuk membeli juga?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here