Sebuah robot canggih dari Omron baru saja dipamerkan dalam ajang CEATEC 2014. Robot tersebut mempunyai kemampuan untuk bermain olahraga bola ping pong dan bahkan bisa diajak sebagai lawan tanding. Dalam sebuah video di YouTube, kemampuan robot ini pun cukup bagus, terbukti bisa mengembalikan setiap bola yang datang.

Meskipun begitu, robot tersebut mempunyai ukuran yang terbilang sangat besar, terutama kalau dibandingkan dengan sosok seorang atlet tenis meja. Selain itu, dalam video tersebut juga nampak kalau robot ini mempunyai kemampuan yang cukup baik, namun hanya mengandalkan reli-reli panjang.

robot omron

Belum diketahui bagaimana kemampuan robot tersebut kalau menghadapi atlet tenis meja yang mempunyai teknik tinggi. Mengenai bagaimana reaksinya pada saat menerima bola dropshot ataupun pada saat menerima smash.

http://www.youtube.com/watch?v=HXhZ4jdzOrU

Robot milik Omron tersebut menggunakan teknologi 3D image processing untuk mengetahui gerakan lawan mainnya. Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan robot untuk bisa mengetahui trayektori dari bola. Berbekal data tersebut, robot pun menggerakkan bat dengan presisi dan kecepatan tertentu, sehingga bola bisa sampai di lapangan lawan.

via Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here