Pada tahun 2015 lalu, perusahaan OnePlus telah merilis dua smartphone sekaligus, yakni OnePlus Two di posisi flagship dan OnePlus X di kelas midle-end. Menurut rumor terbaru yang beredar akhir-akhir ini menyebut produsen ponsel asal China ini bakal melahirkan kembali OnePlus X, namun dengan pilihan ‘otak’ berbeda, yakni dengan chipset Qualcomm Snapdragon 810.

OnePlus-2-Mini

Rumor mengenai diusungnya chipset Snapdragon 810 ini muncul dari bocoran gambar di situs badan regulasi perangkat telekomunikasi Tiongkok, TENAA. Bersumber dari situs tersebut, terlihat smartphone yang mengusung bentang layar seluas 4,9 inci ini mengusung chipset Snapdragon 810 yang memiliki prosesor octa core dengan kartu grafis Adreno 430.

Selain itu, terdapat pula RAM sebesar 3GB dan internal storage sebesar 16GB dengan dukungan slot microSD. Sementara itu, pada sisi fotografinya, smartphone ini memiliki kamera utama beresolusi 13 MP di dan 8 MP di bagian depan.

Seperti yang kita ketahui, smartphone besutan OnePlus selalu mengusung OS Android yang sudah di modifikasi. Mengingat OS CyanogenMod Oxygen belum mendukung basis OS Android 6.0 Marshmallow, maka ponsel tersebut dilaporkan akan hadir dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop.

OnePlus X sendiri disebut-sebut sebagai perangkat yang terpampang di situs TENAA, hanya saja memiliki varian warna yang berbeda. Selain itu, ada pula yang menyebut perangkat ini merupakan versi mini dari flagship 2015, OnePlus Two.

Di sisi lain,  OnePlus X sendiri merupakan smartphone kelas menengah yang diluncurkan perusahaan. Smartphone ini resmi menyambangi Indonesia pada bulan Oktober 2015 lalu, dan dijadikan perusahaan sebagai permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia, karena flagship OnePlus Two batal masuk Indonesia.

Dibanderol dengan harga 3 jutaan Rupiah, OnePlus menyematkan chipset Snapdragon 801 yang memiliki prosesor quad core dengan clock speed 2,3 GHz. Dari segi jumlah dan kecepatan, Snapdragon 801 memang kalah dengan Snapdragon 810 yang telah memiliki prosesor octa core. Kendati demikian, Snapdragon 810 memiliki reputasi buruk terkait isu overheat yang sering terjadi sepanjang tahun 2015 lalu.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here