Karena sistem operasi Android merupakan sumber terbuka (open source), maka developer memiliki kekuasan penuh untuk mengkustomisasi OS Robot Hijau tersebut. Baru-baru ini produsen smartphone OnePlus merilis HydrogenOS versi 3.0 terbaru yang berbasis Android 7.0 Nougat. Lalu apa kelebihan sistem operasi kustom ini?

hydrogen-o

Kelebihan utama sistem operasi HyrdogenOS 3.0 terletak pada efisiensi daya yang membuat daya tahan baterai perangkat lebih lama. Beberapa pengguna yang menggunakan OS ini juga mengaku jika efisiensi daya dari OS ini lebih baik dari OxygenOS yang sama-sama berbasis sistem operasi Android Nougat.

ROM HydrogenOS 3.0 sendiri dikembangkan oleh OnePlus untuk memenuhi kebutuhan pasar ponsel Cina. Karena dikhususkan untuk wilayah Cina, perbedaan utama yang paling terasa dari OS ini adalah hilangnya Google Play Service dan semua layanan milik Google. Seperti yang kita ketahui, Cina hingga saat ini masih memblokir semua layanan Google untuk beroperasi di negaranya.

OnePlus telah menggulirkan update OS ini via OTA (over the air), dan menariknya bahwa HydrogenOS ini juga bisa digunakan secara internasional. Agar dapat digunakan secara umum oleh pengguna di seluruh dunia, HydrogenOS versi internasional akan memiliki Google Play Service di dalamnya, termasuk Google Play Store dan aplikasi Google lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here